Penyakit Leukemia : Gejala, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatannya


Halo Sobat Nutrielife – Leukemia adalah Jenis kanker darah yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Leukemia terjadi akibat tubuh terlalu banyak memproduksi sel darah putih abnormal. Leukemia dapat menyerang siapapun baik anak-anak, dewasa, maupun lansia.

Pada dasarnya, sel darah putih merupakan sel yang dibutuhkan tubuh untuk imunitas. Sedangkan, sum sum tulang belakang merupakan organ tubuh yang membentuk sel-sel darah yang dibutuhkan tubuh seperti, sel darah putih, sel darah merah, dan platelet.

Leukemia memengaruhi produksi dan fungsi leukosit atau sel darah putih dalam melawan infeksi, karena DNA darah mengalami kerusakan sehingga menyebabkan sumsum tulang belakang memproduksi sel darah putih secara berlebihan. Leukemia termasuk penyakit yang paling berbahaya di dunia. Namun, sobat tidak perlu khawatir, sobat dapat meminimalisir terjadinya kanker leukemia dengan memahami gejala, penyebab, pencegahan dan pengobatannya sebagai berikut.


A. Gejala Leukemia

Gejala leukemia akan terasa ketika sel kanker sudah semakin banyak dan mulai menyerang sel tubuh. Berikut gejala yang dapat terjadi :

  • Mudah merasa lelah, hal ini disebabkan karena kurangnya sel darah merah 
  • Mudah memar, hal ini disebabkan karena rendahnya trombosit
  • Demam dan mengigil secara terus menerus
  • Hilangnya nafsu makan
  • Mimisan
  • Rentan terkena infeksi, seperti sakit tenggorokan
  • Pembengkakan kelenjar getah bening, biasanya terjadi disekitaran ketiak dan selangkangan.
  • Munculnya bitnik-bintik merah pada kulit
  • Sakit kepala
  • Nyeri dibagian tulang

B. Penyebab Terjadinya Leukemia

Leukemia dapat terjadi karena berbagai faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Meskipun belum diketahui dengan pasti, namun ada beberapa yang dianggap menjadi penyebab datangnya leukemia, seperti :

Faktor Internal :

  1. Memiliki riwayat keluarga yang pernah mengalami leukemia
  2. Menderita kelainan darah
  3. Menderita kelainan genetik
  4. Pernah menjalani kemoterapi dan terapi radiasi, meskipun disebabkan oleh kanker jenis lain

Faktor Eksternal :

  1. Terkena paparan radiasi, meskipun dalam jumlah yang rendah. Serta, tidak menutup kemungkinan bahwa bayi yang sering di rontgen atau pemeriksaan sinar X dapat menngalami resiko terkenanya penyakit leukemia
  2. Terkena paparan zat kimia tertentu seperti, Benzena dan Radon
  3. Merokok dan sering mengonsumsi kopi
  4. Mengonsumsi alkohol
  5. Mengalami obesitas

C. Mencegah datangnya Leukemia

Hingga kini belum ditemukan cara efektif untuk mencegah datangnya leukemia. Namun, ada beberapa cara yang dapat sobat lakukan untuk meminimalisir datangnya leukemia :

  1. Membiasakan hidup sehat sperti, rajin berolahraga
  2. Menggunakan alat pelindung diri, terutama dari paparan zat kimia.
  3. Sobat juga bisa mengonsumsi beberapa sayuran di bawah ini, untuk mencegah datangnya leukemia :
  • Kembang kol, Kandungan sulforphane yang terdapat dalam kembang kol dapat mencegah penyebab kanker
  • Brokoli, Tidak hanya kembang kol. Brokoli juga mempunyai senyawa alami yang bekerja dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membunuh semua senyawa karsinogen penyebab kanker
  • Tomat, kandungan likopen yang dimiliki mampu mengurangi penyerapan senyawa karsinogen di dalam tubuh, sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah kanker.

D. Pengobatan Leukemia

Tujuan pengobatan leukemia yaitu untuk menghancurkan sel-sel kanker dan memungkinkan sel darah yang normal dibentuk di dalam sum-sum tulang. Namun, pengobatan leukemia tetap akan ditentukan berdasarkan jenis leukemia yang dideritanya, tingkat stadiumnya, usia serta menyeimbangkan kondisi pasien.

Leukemia akut, biasanya memerlukan kemoterapi intensif dan membutuhkan transplantasi sumsum tulang untuk kasus yang beresiko tinggi. Leukemia kronis, biasanya akan dikontrol dengan pengobatan untuk menghambat produksi protein yang digunakan sel kanker unuk berkembang. Tidak hanya itu, metode ini juga untuk menghancurkan dan menghentikan pertumbuhan sel kanker. Namun, ada juga yang menjalankan transplantasi sumsum tulang, yaitu prosedur penggantian sumsum tulang yang rusak dengan sumsum tulang yang sehat.


Demikian informasi seputar Penyakit Leukemia yang dapat nutrielife sampaikan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi situs kami kembali sebagai referensi terpercaya berbagai tips dan solusi permasalahan kesehatan sobat dan keluarga. Salam Sehat – Nutrielife.com.

0 Response to "Penyakit Leukemia : Gejala, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah 2

Iklan Bawah Artikel