Radang Tenggorokan : Gejala, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatannya


Halo sobat nutrielife – Bagi sobat yang sering mengonsumsi makanan yang pedas, asin yang berlebihan, serta minuman yang dingin, pasti sudah tidak asing lagi untuk mendengar kata “radang tengorokan”. Radang tenggorokan sering kali dialami oleh sobat yang mengonsumsi makanan pedas,asin, minuman dingin secara berlebihan.

Pada dasarnya, Radang tenggorokan adalah rasa nyeri, iritasi, atau rasa gatal pada tenggorokan yang dapat terjadi akibat infeksi Virus atau bakteri. Sakit tenggorokan dapat dialami disemua usia, baik anak anak, remaja, bahkan orang tua. Bagi sobat yang mengalami radang tenggorokan akan mengalami nyeri saat menelan makanan atau minuman. Namun, biasanya penyakit radang ini akan sembuh dengan sendirinya selama 1 minggu. Tetapi, alangkah baiknya jika sobat berkonsultasi dengan dokter terhadap radang yang sedang dialaminya.


A. Gejala Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan memiliki berbagai macam gejala yang dapat terjadi, seperti :

  1. Nyeri ketika hendak menelan makan atau minum
  2. Terasa panas di tenggorokan
  3. Demam
  4. Sakit kepala
  5. Amandel yang membengkak 
  6. Pembengkakan kelenjar pada leher
  7. Tenggorokan yang kering
  8. Mengalami flu
Namun, ketika sobat mengalami radang tenggorokan hingga sulit bernapas, demam lebih tinggi dari 38,3 dearajat celcius, munculnya benjolan di leher, dan tak kunjung sembuh dalam seminggu, segeralah temui dokter. Agar segera mengetahui lebih jelas dan tindakan apa yang harus dilakukan selanjutnya.


B. Penyebab Radang Tenggorokan

Penyebab terjadinya radang tenggorokan, biasanya disebabkan oleh virus hingga luka. Berikut penyebab tenggorokan yang sering terjadi :

1. Terkena Virus

  • Virus Flu biasa
  • Virus Influenza
  • Virus Campak
  • Virus Cacar air
  • Virus Gondok
2. Infeksi Bakteri yang di dapat melalui kegiatan seksual

3. Alergi, jika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap pemicu alergi. Maka, dapat melepaskan bahan kimia di dalam tubuh yang menyebabkan irirtasi tenggorokan.

4. Asap rokok,Penggunaan tembakau didalamnya dapat meningkatkan kanker pita suara.


C. Pencegahan Radang Tenggorokan

Berikut beberapa cara untuk mencegah sakit tenggorokan :

  1. Hindari perlengkapan makanan atau minuman terhadap orang lain.
  2. Hindari sobat yang sakit
  3. Mencuci tangan sebelum makan, sesudah makan, sebelum tidur.
  4. Hindari asap rokok yang berlebihan.
  5. Berkumur-kumur dengan air garam hangat.
  6. Banyak minum air putih, the dan sup
  7. Cukup tidur dan beristirahat

D. Pengobatan Radang Tenggorokan

1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam beberapa kali sehari dapat mengurangi bengkak di tenggorokan dan mencairkan lendir, serta membantu membilas bakteri dan berbagai iritasi yang terjadi.

2. Perbanyak minum air

Ketika cairan tubuh terpenuhi, tubuh dapat menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembap. Hal ini dapat mengurangi resiko pembengkakan dan membuat peradangan lebih baik.

3. Obat Pereda nyeri

Mengonsumsi obat Pereda nyeri adalah cara paling efektif. Sobat bisa menggunakan obat seperti, aspirin, parasetamol, atau ibuprofen. Obat tersebut adalah kombinasi dari penghilang rasa sakit dan anti peradangan yang dapat mengurangi beberapa pembengkakan yang terjadi akibat radang tenggorokan. Tidak hanya itu, obat tersebut dapat mengurangi gejala demam dan flu yang mengikuti radang tenggorokan sobat.

Biasanya, jika radang disebabkan oleh bakteri, maka dokter akan memberikan antibiotik atau obat-obatan anti bakteri. Jika penyebabnya adalah virus, dokter akan menyarankan untuk minum banyak air, banyak beristirahat, dan mengonsumsi suplemen vitamin C. Jika penyebabnya adalah alergi, dokter akan memberikan antihistamin dan menghindari pemicu alergi. Jadi penting bagi sobat untuk tidak mengonsumsi antibiotik tanpa resep dokter. Antibiotik hanya dapat dikonsumsi jika disertai dengan resep dokter. 

Demikian informasi seputar Radang Tenggorokan yang dapat nutrielife sampaikan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi situs kami kembali sebagai referensi terpercaya berbagai tips dan solusi permasalahan kesehatan sobat dan keluarga. Salam sehat – nutrielife.com.

0 Response to "Radang Tenggorokan : Gejala, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah 2

Iklan Bawah Artikel