Manfaat Coca Cola Untuk Rambut, Waspadai Resikonya


Salam sehat sobat nutrielife – belakangan, nampaknya sedang viral ya sobat, tentang manfaat coca cola untuk rambut. Keramas menggunakan coca cola di gadang-gadang dapat menebalkan rambut, membersihkan rambut, hingga menjadikan rambut tampak ikal alami. Mengetahui hal tersebut, mungkin banyak dari sobat yang ingin buru-buru mencobanya ya. Namun sebelum sobat mencobanya, nutrielife sarankan agar sobat simak dan pahami dulu ya resikonya dalam artikel ini hingga tuntas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
 
Manfaat Coca Cola Untuk Rambut, Waspadai Resikonya
Benarkan Coca Cola Bermanfaat Untuk Rambut?
Rambut memang mahkota kepala ya sobat. Itulah mengapa, kebanyakan orang menganggap model/potongan rambut, warna serta kesehatan rambut, menjadi factor number wahid yang menentukan kecantikan atau ketampanan wajah serta penampilan seseorang secara keseluruhan.

Untuk merawat kecantikan dan kesehatan rambut, banyak bahan yang bisa digunakan, mulai dari yang alami hingga bahan-bahan lain yang tujuan sebenarnya bahan tersebut dibuat, bukanlah untuk digunakan pada rambut. Beberapa contoh bahan yang banyak digunakan untuk membersihkan rambut adalah soda kue, cuka apel, jus lemon, dan lain-lain. Adapun beberapa bahan alami yang sudah terbukti secara ilmiah akan khasiatnya untuk rambut, yaitu seperti lidah buaya, minyak kemiri, seledri, minyak orang aring, dan lain sebagainya. Kalau nutrielife sih, mendingan pakai bahan alami yang sudah terbukti khasiatnya ya sobat, dari pada coba-coba bahan-bahan lain yang sebenarnya bukan diperuntukan bagi rambut.

Saat ini cukup viral nih sobat, tentang penggunaan coca cola untuk keramas rambut. Beberapa referensi menyebutkan bahwa coca-cola memiliki berbagai manfaat bagi rambut, diantaranya adalah sebagai berikut:


1. Mengatasi Kotoran Membandel

Kadang-kadang, rambut kita terkontaminasi zat yang sangat lengket dan sulit untuk dibersihkan. Misalnya seperti tertempel permen karet, getah pohon, terciprat oli kendaraan bermotor, dan lain-lain. Coca cola dengan pH yang sangat asam akan bersifat abrasive terhadap kotoran-kotoran membandel tersebut. Zat asam juga terbukti ampuh mengatasi ketombe dan rambut berminyak, itulah sebabnya, bahan seperti soda kue, jus lemon, dan cuka juga kerap digunakan untuk mencuci rambut.

2. Menetralisir Efek Detergen Dari Shampoo

Shampoo pada umumnya mengandung sedikit kadar detergen. Pada umumnya, detergenlah yang menghasilkan banyak busa saat kita melakukan keramas menggunakan shampoo. Detergen sama halnya dengan sabun, yaitu bersifat basa, alias pH tinggi. Oleh Karen itu, untuk menetralisir dampak negative akibat detergen tersebut, dibutuhkan zat asam seperti coca cola.

3. Menjadikan Rambut Ikal Alami

Terus terang saja, nutrielife sendiri belum pernah mencobanya. Namun perlu sobat ketahui, penggunaan coca cola untuk menjadikan rambut ikal alami, pertama kali viral karena seorang model internasional asal inggris, yaitu Suki Waterhouse, mengungkapkan rahasia bahwa rambut ikal dan bergelombangnya bukan hasil perawatan di salon, melainkan dengan mencuci rambutnya dengan coca cola. Sejak saat itu, banyak orang mencoba menirunya. Bagi sobat yang penasaran, sobat dapat mencobanya. Selama tidak sering dilakukan, penggunaan coca cola untuk keramas tidak akan menimbulkan dampak negative.

4. Menjadi Bahan Hair Bleaching

Hair bleaching adalah proses untuk melunturkan pigmen warna alami rambut, atau juga melunturkan warna rambut akibat zat pewarna. Misalnya saja, rambut sobat terlalu hitam pekat, sedangkan sobat menginginkan warna rambut yang tidak terlalu pekat, maka penggunaan coca cola dapat melunturkan warna rambut. Hair bleaching juga dapat dilakukan sebelum mengganti warna rambut atau mengecat ulang rambut sobat. tentu saja, ini berarti bahwa bagi sobat yang sudah puas dengan warna rambutnya, penggunaan coca cola untuk rambut akan memberikan dampak negatif seperti ini.

5. Membantu Menebalkan Dan Mengembangkan Rambut

Bagi sobat yang memiliki rambut tipis, penggunaan coca cola akan membantu menebalkan rambut. Hal ini dikarenakan kandungan gula dalam coca cola yang tinggi, akan melapisi rambut sobat. Namun efek sampingnya, mungkin rambut sobat akan menjadi lengket dan kusam ya.


Itulah beberapa manfaat coca cola untuk rambut. Akan tetapi, muncul banyak kontroversi mengenai khasiat yang terlanjur dipercaya masyarakat awam tersebut. Beberapa pakar kesehatan rambut bahkan membantah manfaat-manfaat tersebut. Sebut saja seperti seorang pakar trikologi, yaitu Philip Kingsley, yang dikutip dalam Republika, mengatakan bahwa zat cola tidak akan membersihkan rambut kita, melainkan akan meninggalkan patikel bekas gula pada kulit kepala, serta dapat meningkatkan polutan dari luar akan menempel pada kulit kepala. Menurutnya, penggunaan coca cola sama halnya dengan penggunaan bir yang lebih dulu dikenal masyarakat umum, penggunaannya untuk rambut akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan rambut.

Begitu pula yang disampaikan oleh pakar trikologi asal London, Glenn Lyons, mengatakan bahwa larutan kola mengandung kadar asam cukup tinggi. Keasaman dalam cairan itu berpotensi membuat rambut mengembang. Sementara, kadar gulanya yang juga tinggi bakal menjadikan rambut akan terasa lengket. Yang paling penting, tidak ada surfaktan (zat yang berfungsi untuk mengurangi ketegangan permukaan rambut) dalam kola, sehingga minuman itu sama sekali tidak memberi manfaat pembersihan untuk rambut. Berkeramas dengan Coca-Cola juga benar-benar tidak sehat untuk kulit kepala kita.

Sedang Anabel Kingsley, ahli rambut dan kulit kepala, mengatakan bahwa kola bisa membuat rambut tampak lebih bersinar karena kandungan asamnya. Namun, bahan-bahan lain seperti sirup jagung dengan kadar fruktosa yang tinggi dapat membuat rambut lengket dan terasa berpasir. “Mencuci rambut dengan Coca-Cola tidak benar-benar membersihkan rambut Anda. Penggunaan dalam jangka panjang justru dapat menimbulkan masalah serius, terutama untuk kulit kepala Anda,” tutur Anabel Kingsley. (Sumber : Republika.co.id).

Demikianlah informasi yang dapat nutrielife berikan kepada sobat sekalian mengenai manfaat coca cola untuk rambut. Sebagai rekomendasi, memang banyak orang yang telah membuktikan manfaat coca-cola untuk rambut, sehingga sobat dapat mencobanya dengan aman, namun jangan melakukannya sebagai rutinitas dalam jangka panjang, karena sebenarnya, manfaat yang diberikan bersifat sementar atau jangka pendek. Penggunaan dalam frekuensi yang sering atau dalam jangka yang panjang justru ditentang oleh para pakah kesehatan rambut.

Kunjungi kembali situs kami sebagai referensi terpercaya untuk solusi kesehatan sobat dan keluarga. Selamat mencoba. Salam sehat – Nutrielife.com.

13 Responses to "Manfaat Coca Cola Untuk Rambut, Waspadai Resikonya"

  1. Replies
    1. Terimakasih kak... mohon supportnya untuk situs kami... baca juga tips kesehatan lainnya ya kak... hehe

      Delete
  2. Informasinya sangat bermanfaat gan

    ReplyDelete
  3. Membantu sekali

    Mampir ya

    Elstoryland.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Padahal tiap hari selalu keramas pake coca cola. Untung dapat info ini

    ReplyDelete
  5. Wah... Baru tau kalo coca-cola bisa bermanfaat untuk rambut... Hehe... Nice info kak..

    ReplyDelete
  6. baru tahu gan coca cola bisa buat keramas. .. kebanyakan buat bersihin logam... he

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah 2

Iklan Bawah Artikel