5 Cara Berhenti Merokok, Dijamin Ampuh

Salam sehat sobat nutrielife. Ketika sobat memutuskan untuk membaca artikel ini hingga tuntas, maka nutrielife mengucapkan selamat, karena sobat sudah memiliki niat untuk berlepas diri dari belenggu candu terhadap nikotin. Dan semoga sobat berhasil menerapkan 5 Kunci Berhenti Merokok yang kami berikan sehingga kehidupan sobat dapat menjadi lebih sehat dan bahagia. Berikut kuncinya.

5 Kunci Berhenti Merokok, Dijamin Ampuh
5 Kunci Berhenti Merokok

1. Memiliki Motivasi Kuat

Motivasi yang kuat untuk berhenti merokok menjadi kunci nomer wahid. Karena motivasi inilah yang memberikan sobat alasan mengapa harus berhenti merokok. Dan jika dalam proses perubahan besar tersebut muncul godaan untuk kembali merokok, motivasi inilah yang harus sobat ingat dan tanamkan dalam hati untuk memberi semangat dan tekad yang kuat untuk menolak godaan tersebut. Beberapa hal yang dapat menjadi motivasi sobat adalah sebagai berikut.

Merokok Sama Dengan Menabung Penyakit
Sobat perokok pasti sudah mengetahui dampak negative rokok bagi kesehatan. Sobat bisa lihat peringatan dalam kemasan rokok, seperti dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan kemandulan, hingga gangguan kehamilan dan janin. Nutrielife percaya, setiap sobat mengetahui dan meyakini dampak negative tersebut, masalahnya adalah sobat perokok sudah jatuh dalam belenggu candu nikotin, sehingga sobat merasa bahwa merokok sangat nikmat dan bermanfaat bagi sobat.

Untuk memahami lebih detail mengenai zat racun dalam rokok dan dampaknya bagi kesehatan, nutrielife menyarankan sobat untuk membaca juga 3 Racun Utama Dalam Rokok Dan Dampaknya Bagi Kesehatan. Tulislah aneka dampak negative rokok pada  selembar kertas, dan tempelkan di kamar sobat, atau di ruangan lain yang menjadi kebiasaan sobat beraktivitas. Kekuatan tulisan yang sobat buat, akan sangat terasa dalam membangkitkan motivasi sobat untuk berhenti merokok.

Keuntungan Finansial Berhenti Merokok
Kematangan finansial menjadi dambaan banyak orang. Banyak orang begitu sulit menyisikan sebagian uang untuk menabung. Dengan mengabaikan factor lain, anggap sobat biasa menghabiskan sebungkus rokok per hari dengan harga 20 ribu. Bila sobat berhasil berhenti merokok, artinya sobat bisa memberikan tambahan tabungan 20 ribu per hari, bila diakumulasikan akan menjadi 600 ribu per bulan atau 7,2 juta per tahun. Sangat signifikan bukan? Selain manfaat kesehatan, sobat juga bisa mendapatkan manfaat finansial.

Nutrielife tahu, banyak perokok yang beralasan, berhenti merokok bukan berarti bisa menabung. Yang tidak merokok juga suka jajan cemilan dan lain-lain. Atau banyak perokok yang lebih banyak tabungannya dibanding yang tidak merokok, karena perokok lebih semangat ketika bekerja. Pernyataan semisal itu nutrielife kira hanya pendapat orang-orang pesimis, dan memang tidak memiliki tekad atau niat untuk berhenti merokok. Tanpa niat, memang tidak akan merubah apapun. Jadi, yakinlah para sobat yang optimistis, kondisi finansial sobat dapat lebih baik ketika sobat berhasil berhenti merokok.

Mendambakan Keluarga Sehat Dan Ceria
Bila dengan memikirkan kesehatan diri sendiri tidak cukup kuat sebagai motivasi sobat untuk lepas dari produk beracun seperti rokok, cobalah dengan hati yang tenang merenungkan kesehatan dan kebahagiaan keluarga. Istri, anak-anak kita, dapat terkena imbas sama bahayanya dengan sobat yang menebar asap beracun di rumah sobat sendiri. Selain itu, nutrielife kerap melihat juga, seorang ayah perokok, melarang anaknya merokok. Padahal, besar kemungkinan seorang perokok akan diteladani oleh anak-anaknya. Jadi, kunci kesehatan keluarga sobat ada di tangan sobat sendiri. Berhentilah menasehati anak sobat, mulailah memberi contoh yang baik untuk keluarga sobat.

Masa Tua Sehat Sejahtera
Sering pula nutrielife berjumpa dengan sahabat yang mengatakan, selama ini kondisi kesehatannya baik-baik saja meski setiap hari merokok. Itu menandakan sobat seperti ini tidak memahami betul bahaya rokok atau masih acuh terhadap bahayanya terhadap kesehatan. Ketahuilah sobat, meski sobat saat ini sehat sehat saja, racun yang sobat tabung setiap hari dengan merokok akan terasa pada masa tua sobat, ketika tubuh sobat semakin lemah, sementara racun sudah bertumpuk begitu banyak dalam tubuh sobat. Jadi, pikirkanlah dampak jangka panjang juga.


2. Memiliki Niat Dengan Kesungguhan Hati

Setelah sobat menuliskan motivasi sobat dan menempelkannya di ruangan pribadi sobat, selanjutnya adalah membulatkan niat atau tekad. Niat adalah factor penentu. Semakin kuat kesungguhan niat sobat, maka semakin tinggi keberhasilan usaha sobat. Selain motivasi yang kuat, ada beberapa cara yang dapat sobat terapkan untuk memperkuat niat sobat.

Ikrarkan Niat
Ikrarkanlah niat sobat kepada Tuhan untuk memperkuat tekad. Sobat pasti akan merasakan mukjizatnya. Misalnya, jika sobat seorang muslim, pergilah ke masjid dan lakukan solat hajat dua rakaat dengan mengikrarkan kepada Allah bahwa sobat ingin berhenti merokok. Atau bila sobat seorang nasrani, pergilah ke gereja dan sampaikan keinginan sobat dengan mengikrarkannya di depan Tuhan.

Minta Dukungan Keluarga dan Sahabat
Sobat juga perlu menyatakan dengan lugas akan niat sobat kepada keluarga dan sahabat dimana sobat biasa bergaul. Dengan begitu, orang lain akan menghormati niat kita dan berusaha untuk tidak menawarkan sobat rokok hingga merasa tidak enak untuk merokok di depan sobat. Dengan menyatakan niat juga, orang di sekitar sobat akan memahami bila suatu ketika sobat menjauh dari kerumunan teman-teman yang sedang merokok.

Menunjukan Persiapan
Dengan menunjukan persiapan untuk berhenti merokok, niat sobat akan semakin kuat. Mulailah dengan menyingkirkan semua asbak di rumah sobat, membuang semua bekas rokok seperti bungkusnya yang ada di rumah, tingkatkan melakukan gosok gigi, dan gunakan wewangian ruangan untuk menghilangkan segala aroma rokok yang tersisa. Tetapkan pula target waktu kapan sobat akan berhenti 100% dari merokok. Bagi sobat yang tidak percaya diri dengan langsung berhenti total, sobat bisa melakukannya secara bertahap. Misalnya dengan membuat jadwal per minggu. Minggu 1 menargetkan hanya merokok 1 batang per hari, minggu 2 target 3 batang dalam seminggu, minggu 3 target hanya merokok sekali, dan kemudian minggu 4 tidak merokok sama sekali.


3. Siap Bertarung Di Masa Awal

Pada masa awal berhenti merokok, sobat mungkin akan merasakan gejala sakit mual, sakit kepala, gelisah, stress, hingga perasaan mudah marah. Perlu sobat ketahui, hal itu merupakan hal positif akibat berkurangnya nikotin dalam tubuh sobat. umumnya kondisi tersebut akan memuncak dalam rentang waktu 12 hingga 24 jam pertama, kemudian akan mereda secara bertahap dalam waktu 1 hingga 3 minggu.

Gejala lain yang mungkin akan sobat alami adalah batuk parah. Hal ini disebabkan saluran udara pada tubuh sobat mulai berfungsi kembali. Jangan pernah tergoda untuk merokok kembali meski batuk semakin parah. Tetap focus pada niat dan motivasi sobat, batuk pasti akan mereda dengan sendirinya. Ingatlah, jika sobat berhasil melalui hari pertama tanpa merokok, maka hari kedua dan seterusnya akan terasa jauh lebih mudah.


4. Konsisten Di Masa Selanjutnya

Ketika sobat berhasil melalui hari pertama tanpa merokok, godaan mungkin akan datang dari lingkungan kita. Seperti melihat betapa nikmatnya teman kita menghisap rokok. Saat itu terjadi, ingat kembali motivasi dan niat sobat, serta perjuangan sobat di hari pertama tanpa merokok yang telah sobat lalui. Bila perlu, hindari bertemu dan berkumpul dengan teman yang sedang merokok. Jaga konsistensi sobat hingga tubuh sobat benar benar bebas dari candu nikotin dan tidak ada hasrat lagi untuk menghisap rokok. Ingatlah, sekali sobat lengah dan menyepelekan kunci ke empat ini, sobat harus memulai lagi dari awal untuk berhenti merokok.


5. Mengalihkan Gaya Hidup Ke Arah Gaya Hidup Sehat

Kunci terakhir ini tidak kalah penting. Untuk mendukung keempat kunci sebelumnya, sobat perlu mengubah gaya hidup sobat agar lebih sehat. Berusahalah untuk rutin berolahraga, seperti jogging 3 kali seminggu, atau olahraga sesuai hobi sobat, seperti futsal, basket, berenang, dan lain-lain. Selain menyehatkan, olahraga dapat membantu sobat menangani stress dan mengalihkan pikiran sobat dari keinginan merokok.

Kurangilah minum kopi, dan kunyahlah permen karet ketika keinginan merokok begitu tinggi. Perbanyak juga gosok gigi ketika mulut terasa masam karena tidak merokok. Kemudian jaga pergaulan sobat, yakini bahwa jalan yang sobat tempuh adalah yang terbaik untuk sobat untuk sekarang dan masa mendatang. Selain itu, sibukkan diri sobat pada kegiatan-kegiatan bermanfaat lain sesuai hobi sobat, seperti jalan jalan dan menjalani pekerjaan tambahan yang sesuai hobi. Bila perlu, sobat bisa juga melakukan konsultasi dengan dokter untuk membantu sobat dalam proses menjadi seorang mantan perokok.


Demikian 5 Kunci Berhenti Merokok yang dapat nutrielife bagikan. Semoga dapat membantu sobat yang saat ini beniat untuk berhenti merokok, namun masih dibayangi keraguan. Ingatlah sobat, ketika sobat sekali mengalami kegagalan dalam proses berhenti merokok, bukan berarti sobat benar benar tidak bisa. Cobalah lagi dengan tekad yang lebih kuat. Yakinlah bahwa sobat bisa. Kunjungi kembali situs nutrielife.com sebagai sumber referensi berbagai tips dan solusi masalah kesehatan sobat dan keluarga. Salam sehat - nutrielife.com.

2 Responses to "5 Cara Berhenti Merokok, Dijamin Ampuh"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah 2

Iklan Bawah Artikel