5 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan


Manfaat dan Khasiat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

Halo sobat nutrielife – Pada dasarnya, susu kedelai bukanlah susu, ia berupa minuman yang terbuat dari sari kedelai, dan memiliki warna putih kekuning-kuningan menyerupai susu, sehingga disebut susu kedelai. Susu kedelai kerap dikonsumsi oleh sobat yang mempunyai alergi terhadap susu sapi. Dikarenakan, susu kedelai mengandung protein yang hampir sama dengan susu sapi, tetapi dengan kalori yang lebih rendah.

Susu kedelai ini bebas kolestrol, rendah lemak jenuh dan tidak mengandung laktosa. Selain itu, susu kedelai mengandung sumber energi, serat makanan, mineral, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, vitamin B6, vitamin B12, vitamin K, dan lainnya. Berikut 5 manfaat susu kedelai bagi kesehatan yang perlu sobat ketahui.


1. Mengatasi Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi saat kualitas kepadatan tulang menurun. Kondisi ini membuat tulang keropos dan rentan retak. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa wanita yang rutin minum susu kedelai setiap hari memiliki resiko 56% lebih rendah dibandingkan wanita yang tidak meminumnya. Kandungan fitoestrogen yang terdapat dalam susu kedelai mampu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya masa tulang. Vitamin D yang terdapat dalam susu kedelai juga sangat bagus untuk kesehatan tulang.


2. Menurunkan Kolestrol

Kolestrol adalah lemak yang berguna bagi tubuh. Namun, bila kadarnya didalam tubuh tinggi, maka kolestrol akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah. Kedelai tinggi akan kandungan asam lemak, seperti omega 3, yang dapat membantu mengurangi kadar lemak darah (kolestrol). Selain itu, susu kedelai memiliki kemampuan untuk meningkatkan profil lipid darah yang dapat menghambat penumpukan kolestrol dalam aliran darah.


3. Mengatasi Masalah Menopause

Menopause adalah berakhirnya siklus menstruasi yang dialami kaum wanita, Susu kedelai dapat meringankan gejala menopause, seperti sensasi rasa panas dan berkeringat di malam hari. Kandungan isoflavon kedelai dapat membantu mempertahankan kadar estrogen pada wanita.  Selama menopoause produksi estrogen akan menurun, penurunan ini dapat menciptakan sejumlah masalah kesehatan bagi wanita seperti, jantung, diabetes, obesitas. Selain itu kandungan fitoestrogen yang terdapat dalam susu kedelai adalah pengganti estrogen. Rutin mengkonsumsi susu kedelai dapat mencegah sindrom pasca menopause.


4. Melindungi Pembuluh Darah

Asam lemak omega 3 dan omega 6 serta kandungan phyo antioksidan yang ditemukan dalam kedelai sangat efektif dalam melindungi pembuluh darah dari luka dan perdarahan. Senyawa ini mengikat lapisan pembuluh darah dan mempertahankan sel-sel lapisan dari serangan radikal bebas dan deposit kolestrol. Pengikatan gizi ini juga meningkatkan fluiditas dan fleksibilitas pembuluh darah sehingga jauh lebih tahan terhadap perubahan tekanan darah.


5. Mencegah Kanker

Susu kedelai mampu mencegah datangnya kanker, terutama kanker payudara yang terjadi pada wanita setelah mengalami masa menopause. Kadar estrogen serum yang terdapat dalam susu kedelai mampu bekerja sebagai agen anti kanker. Selain kanker payudara, kanker prostat juga mampu dicegah oleh susu kedelai. Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi lelaki. Sumber fitoestrogen, hormon tanaman yang unik, yang dapat menghambat produksi testosteron pada pria. Penurunan kadar teseosteron pada pria dapat mengurangi resiko kanker prostat.

Selain itu vitamin B12 yang terdapat dalam susu kedelai membantu memproduksi sel darah merah sehingga mencegah anemia. Susu kedelai juga mengandung Zinc yang penting untuk sistem kekebalan tubuh. Namun, sobat juga perlu tahu, susu kedelai belum tentu cocok sebagai pengganti susu sapi bagi bayi yang alergi. Diperlukan untuk konsultasi terhadap dokter terlebih dahulu.


Demikian informasi tentang 5 manfaat susu kedelai bagi kesehatan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi situs kami kembali sebagai referensi terpercaya berbagai tips dan solusi permasalahan kesehatan sobat dan keluarga. Salam sehat – Nutrielife.Com.

0 Response to "5 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah 2

Iklan Bawah Artikel