Ketahuilah, Bau Mulut Pertanda Penyakit!


bau mulut tanda ada penyakit

Halo sobat nutrielife – Bau mulut kerap mengganggu orang-orang disekitar. Tidak hanya itu, bau mulut juga mengurangi rasa kepercayaan diri. 80% bau mulut di sebabkan karena adanya masalah kesehatan pada gigi atau tingkat dehidrasi. Sebenarnya, bau mulut yang di sebabkan oleh penyakit biasanya memiliki bau yang khas, tergantung pada penyebab dan organ mana yang bermasalah.
Masing-masing penyakit menyebabkan bau mulut yang berbeda, mulai dari bau manis seperti buah hingga bau busuk seperti kotoran. Kali ini, nutrielife akan menjelaskan tentang bau mulut pertanda penyakit. Berikut berbagai macam penyakit yang ditandai dengan bau mulut.


1. Gigi berlubang

Gigi berlubang adalah kondisi dimana gigi mengalami kerusakan yang mengikis bagian luar hingga bagian dalam gigi, hingga berbentuk lubang. Gigi berlubang disebabkan oleh penumpukan bakteri pada mulut. Mengkonsumsi makanan yang manis dan asam sangat mempengaruhi penyebab gigi berlubang. Sikat gigi sebelum tidur sangatlah membantu mencegah terjadinya gigi berlubang.


2. Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang berlangsung lama atau kronis serta ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi atau di atas nilai normal. Bau mulut penderita diabetes seperti bau buah. Bau ini muncul saat insulin tidak cukup untuk mengambil gula dari darah sebagai sumber energi, sehingga tubuh membakar lemak sebagai gantinya. Lalu, terbentuklah asam keton yang menimbulkan bau mulut menyerupai aroma buah.


3. Sinusitis

Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus atau rongga kecil yang terhubung melalui saluran udara di dalam tulang tengkorak. Sinusitis disebabkan oleh infeksi kuman. Sinusitis sering kali dialami oleh pecandu rokok dan perenang. Bau mulut yang di alami penderita sinusitis dapat terjadi ketika lendir yang mengandung bakteri dari hidung turun ke tenggorokan, serta memiliki bau seperti kotoran.


4. Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal adalah gangguan yang terjadi pada organ ginjal. Memiliki bau seperti urine atau bau amis. Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, racun dan zat sisa metabolisme tubuh tidak dapat dibuang melalui urine. Racun dan zat sisa ini kemudian menumpuk dan menyebar ke seluruh tubuh, sehingga menimbulkan bau urine atau amis yang dapat tercium dari mulut. Namun, biasanya terjadi hanya saat permulaan datangnya penyakit ginjal. Selain itu, karena penyakit ginjal tidak dapat menyerap kalsium secara baik, hasilnya dapat merusak masa tulang di rahang.


5. Penyakit asam lambung

Penyakit asam lambung adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Penderita ini, biasanya memiliki bau asam yang sangat menyengat. Hal ini disebabkan karena asam lambung naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan bau asam pada mulut.


6. Penyakit liver

Penyakit liver atau hati adalah istilah yang digunakan ketika hati mengalami gangguan sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Salah satu gejala penyakit liver adalah bau mulut yang mirip dengan amonia yang sangat menyengat. Bau amonia ini disebut fetor hepaticus. Fetor hepaticus memiliki bau yang khas karena adanya penumpukan zat-zat kimia dalam darah dan urin. Penumpukan ini terjadi akibat liver tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, zat sisa dan zat racun yang harusnya dibuang, kembali lagi ke dalam tubuh dan bisa naik ke tenggorokan yang menyebabkan mulut mengeluarkan bau amonia.


7. Candida albicans

Candida albicans adalah infeksi akibat jamur atau bakteri. Bakteri ini secara alami menghuni di dalam mulut dan dikendalikan oleh sistem kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh tidak baik, maka bakteri atau jamur ini bereaksi dengan cepat yang menyebabkan infeksi serta bau mulut yang timbul. Biasanya ini dialami oleh sobat yang memiliki tindik di bagian lidah, memiliki gigi palsu, atau pemakai kawat gigi.

Demikian informasi seputar Bau mulut pertanda penyakit yang dapat kami jelaskan pada tulisan kali ini. Sobat jangan lupa, apapun itu penyakitnya langkah pertama yang harus di lakukan adalah merawat kesehatan mulut sobat terutama pada gigi dan gusi yang sering menyebabkan mulut mengeluarkan bau yang tidak sedap dan jangan lupa untuk sering minum air putih ya sobat, jangan sampai sobat terkena dehidrasi yang akan membuat bau mulut semakin parah. Kunjungi kembali situs kami sebagai referensi terpercaya berbagai tips dan solusi permasalahan kesehatan sobat dan keluarga Salam sehat – nutrielife.com.

0 Response to "Ketahuilah, Bau Mulut Pertanda Penyakit!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah 2

Iklan Bawah Artikel