Kanker Melanoma : Gejala, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatannya


Kanker Melanoma : Gejala, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatannya

Halo sobat nutrielife – Melanoma adalah jenis kanker kulit yang jarang dan sangat berbahaya. Kondisi ini dimulai dari kulit manusia dan bisa menyebar ke organ lain dalam tubuh, seperti jari-jari kaki, hati, paru-paru dan tulang. Kanker melanoma ini jenis kanker yang berkembang pada melanosit, sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin. Melanin bekerja sebagai penyerap sinar ultraviolet yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Kanker melanoma ini dapat meyebabkan kematian.
Melanoma berawal dari tahi lalat atau daerah lain pada kulit yang mengalami perubahan wujud. Sebenarnya, tahi lalat yang mengalami penyakit melanoma ini disertai rasa gatal, Ilmu kesehatan mengatakan tahi lalat seperti ini disebut Nevi Melanositik yang artinya tumor kulit yang paling umum. Namun, melanoma tidak hanya disertai tumbuh tahi lalat yang baru tetapi bisa juga berkembang dari tahi lalat yang sudah ada. Biasanya pria melanoma lebih sering terserang dibagian dada dan punggung. Sedangkan wanita, sering terserang di bagian kaki, leher, dan wajah.


A. Gejala Melanoma

Berikut gejala melanoma yang dapat sobat perhatikan :

  • Perubahan warna tahi lalat
  • Tahi lalat yang bertambah besar
  • Tahi lalat terasa perih, gatal dan tak kunjung hilang
  • Munculnya pigmen atau noda yang tidak biasa di kulit
  • Mengalami kemerahan atau pembengkakan di luar batas tahi lalat
  • Nyeri tulang
  • Sesak napas
  • Pembengakakan kelenjar
Tahi lalat yang normal umumnya berwarna coklat atau hitam dengan batas yang jelas. Bentuknya cenderung oval atau bulat dan memiliki ukuran sekitar 6 mm.


B. Penyebab Melanoma

Hingga kini penyebab kanker melanoma belum ditemukan pasti. Namun, mutasi genetik dan radiasi sinar matahari diduga penyebab utamanya. Namun, beberapa faktor yang diketahui bisa meningkatkan kemungkinan terjangkit melanoma adalah memilii banyak tahi lalat atau bintik di kulit, berkulit pucat dan mudah terbakar, memiliki anggota keluarga yang menderita melanoma, serta rambut merah atau pirang.


C. Pencegahan Melanoma

Pencegahan melanoma adalah dengan menghindarkan kulit dari paparan sinar matahari dalam waktu yang lama. Namun, alangkah baiknya jika sobat memeriksa melanoma terlebih dahulu, Lalu hindarkan sinar matahari ketika di puncak terpanas sekitar pukul 10.00-14.00, menggunakan pakaian yang mampu melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari seperti, baju lengan panjang, celana panjang, topi, kacamata. Menghindari diri dari berbagai hal yang bisa melemahkan sistem imun seperti, virus HIV yang didapat ketika sobat melakukan free seks. Serta menggunakan tabir surya dan menghindari sinar ultraviolet buatan sangatlah membantu mencgah datangnya kanker melanoma.


D. Pengobatan Melanoma

Untuk penderita melanoma di tahap awal, sobat bisa melakukan pembedahan guna mengangkat kanker kulit. Untuk melanoma yang tipis biasanya prosedur biopsi sudah bisa mengangkat penyakit ini dan tidak memerlukan tahap lanjut.

Namun, jika melanoma telah menyebar, setelah melakukan pembedahan sobat bisa menjalankan kemoterapi. Kemoterapi bertujuan menghancurkan sel kanker dengan menggunakan obat. Kemoterapi memiliki efek samping seperti, rambut rontok, kehilangan selera makan, mual, diare, mudah memar dan lainnya. Sobat juga bisa melakukan pengobatan melanoma di rumah, seperti :

  • Tidak berjemur di bawah sinar matahari di siang hari
  • Makan makanan yang bergizi
  • Aktif berolahraga
  • Menjaga berat badan
  • Menghindari stress
Sobat bisa menerapkan gaya hidup seperti di atas, yang dipercaya mampu mengobati penderita melanoma.

Demikian informasi seputar Kanker Melanoma yang dapat nutrielife sampaikan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi situs kami kembali sebagai referensi terpercaya berbagai tips dan solusi permasalahan kesehatan sobat dan keluarga. Salam sehat – nutrielife.com.

0 Response to "Kanker Melanoma : Gejala, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah 2

Iklan Bawah Artikel