Cemilan Sehat, Khasiat Kuaci Yang Luar Biasa


Khasiat biji bunga matahari, kwaci, kuaci, manfaat kwaci

Halo Sobat Nutrielife – Seringkah sobat mengonsumsi kuaci? Apakah sobat pernah berfikir khasiat apa yang dimiliki dalam kuaci yang sekecil itu? Biji bunga matahari atau kuaci yang biasanya dianggap sebagai cemilan ringan saja. Padahal, di balik bentuknya yang kecil ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.
Ternyata, satu porsi atau satu ons biji matahari yang dikupas mengandung lemak sehat. Kandungan yang terdapat dalam kuaci memiliki lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang mampu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler. Berikut khasiat kuaci yang dapat sobat dapati setelah mengonsumsi kuaci :


1. Merawat kesehatan jantung

Kuaci mengadung vitamin E yang berguna sebagai antioksidan, sangat bagus untuk menghancurkan lemak yang menempel di dalam tubuh. Kuaci juga berguna untuk memaksimalkan kinerja jantung manusia. Tidak hanya itu, kuaci juga mengandung tembaga yang dapat membantu kesehatan jantung dan fungsi kekebalan tubuh.


2. Mencegah penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular sebenernya adalah penyakit jantung. Namun, penyakit kardiovaskular ini adalah berbagai kondisi dimana terjadi penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung, nyeri dada, atau stroke. Seperti penyakit arteri koroner, aritmia, serta cacat jantung bawaan. Kandungan yang terdapat dalam kuaci ternyata dapat membantu mengelola jantung secara efektif seperti hipertensi, serangan iskemik, aritmia.


3. Menurunkan tingkat kolestrol

Seperti yang sobat ketahui, kolestrol adalah lemak yang baik bagi tubuh. Namun, apabila kadarnya terlalu tinggi, kolestrol akan menumpuk di pembuluh darah sehingga mengganggu aliran darah. Maka dari itu, kandungan pitosterol yang terdapat dalam kuaci sangat ampuh dalam menghancurkan lemak dalam tubuh. Mengonsumsi 100 gram kuaci sama halnya dengan menambah 410-413 mg pitosterol untuk melawan lemak jahat yang ada di dalam tubuh.


4. Menjaga kesehatan tulang

Kalsium, fosfor, mangan, serta tembaga dikenal sangat ampuh dalam menjaga kesehatan tulang dan membantu produksi sel tulang. Kandungan tersebut akan disebarkan ke dalam tulang dan persendian, sehingga tulang menjadi kuat dan sehat. Tidak hanya itu, magnesium yang terdapat dalam kuaci juga penting untuk menguatkan tulang serta mampu memproduksi energi.


5. Menurunkan risiko diabetes

Kuaci mengandung asam chlorogenic dan asam caffeic, diaman keduanya tergabung dalam satu zat bernama polifenol. Zat polifenol berguna sebagai anti oksidan yang sangat baik untuk menghancurkan oksidan dalam tubuh sehingga mencegahnya risiko diabetes. Tidak hanya itu, zat klogenat yang terdapat dalam kuaci sangat bagus untuk menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga kadar gula tetap normal.


6. Mengobati hipertensi

Magnesium adalah peran penting dalam saluran kalsium tubuh, yang dapat menyeimbangkan elektrolit dan tekanan darah. Sobat bisa mengonsumsi ¼  cangkir biji matahari dapat memenuhi hampir 30% dari kebutuhan harian magnesium sobat. Karena itu, manfaat kuaci bisa menjadi obat yang sangat baik untuk mengobati gejala hipertensi.


7. Bagus untuk kehamilan

Kandungan folat atau asam folat yang terdapat dalam kuaci sangatlah melimpah, yang merupakan jenis vitamin B. Folat sangat bagus untuk kehamilan, karena dapat membantu replikasi DNA dan RNA yang sangat signifikan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.


8. Membuat mood lebih baik

Menjadikan kuaci sebagai cemilan memang pilihan yang cocok. Bentuknya yang kecil dan terkadang sebagian orang merasa sulit untuk mengupasnya, cara makannya yang bikin greget membuat sobat menjadi lebih mood. Tidak hanya itu, kandungan magnesium dikabarkan mampu meningkatkan mood dan mengendalikan temperamen.


9. Menurunkan berat badan

Kuaci merupakan cemilan yang cocok bagi sobat yang sedang menjalankan diet. Meski kuaci memiliki tinggi kalori, namun kuaci juga memiliki banyak serat makanan yang baik yang dapat membantu mempercepat proses pencernaan dan menurunkan kadar kolestrol. Tidak hanya itu, menjadikan kuaci sebagai cemilan akan membuat sobat merasa kenyang karena kandungan seratnya. Sehingga, mencegah makan yang berlebihan dan tetap menjaga berat badan.


Demikian informasi seputar khasiat bagi sobat yang mengonsumsi kuaci. Tidak hanya mencegah berbagai penyakit yang timbul. Namun harga kuaci juga sangat terjangkau ya. Semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi situs kami kembali sebagai referensi terpercaya berbagai tips dan permasalahan kesehatan sobat dan keluarga – Nutrielife.com.

0 Response to "Cemilan Sehat, Khasiat Kuaci Yang Luar Biasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah 2

Iklan Bawah Artikel