Tidur Pada Tiga Waktu Ini Mengundang Banyak Penyakit


Tidur Pada Tiga Waktu Ini Mengundang Banyak Penyakit
Halo Sobat Nutrielife – Tidur sangatlah penting untuk kesehatan fisik dan mental. Dengan tidur, tubuh seperti di recharge, sel-sel tubuh yang rusak pun diperbaiki, dan tentunya rasa lelah yang dirasakan bisa menghilang. Namun, tidur di waktu yang salah dapat menimbulkan beragam macam resiko terserang penyakit. Di waktu yang seperti apakah yang dapat menimbulkan resiko penyakit? Berikut kami bahas tuntas mengenai waktu tidur yang dapat mengundang banyak penyakit berbahaya.


A. Tidur di Pagi Hari

Sangat banyak orang yang terbiasa dengan tidur pagi. Baragam macam alasan saat mereka tidur pagi, entah dikarenakan bekerja di waktu malam, lelah bekerja lembur, akibat sering bergadang, dan bahkan memang menjadi rutinitas di pagi hari. Pakar kesehatan mengatakan tidur sebelum jam 11.00 siang akan mengganggu kesehatan tubuh, seperti :

1. Diabetes
Menurut penelitian, kurang tidur di malam hari dan terbiasa tidur di pagi hari bisa meningkatkan resiko terkena diabetes. Hal ini karena gangguan tidur dapat meningkatkan resiko terjadinya resistensi insulin, sehingga kadar gula darah akan cenderung meningkat pada orang yang tidurnya di waktu yang salah.

2. Sakit kepala
Jika sobat tidur kembali di pagi hari ternyata bisa menyebabkan sakit kepala. Hal ini disebabkan oleh adanya cairan bernama serebrospinal yang justru terus mengalir di otak akibat tidur terlalu lama. Hal inilah yang menyebabkan kepala terasa pusing.

3. Pelupa/Pikun
Waktu tidur yang tidak cukup hingga menyebabkan untuk tidur di pagi hari dapat menyebabkan daya ingat otak menurun. Saat tertidur, tubuh akan beristirahat dan memperbaiki jaringan-jaringan tubuh, termasuk sel-sel otak. Jika sobat kurang tidur, jaringan otaknya juga akan kekurangan oksigen serta energi sehingga sobat menjadi mudah lupa.

4. Obesitas
Tidur terlalu sedikit atau banyak bisa membuat berat badan meningkat. Menurut beberapa studi, orang yang kurang dari 7 jam setiap malamnya memliki resiko obesitas yang lebih tinggi. Hal ini diduga karena kurang tidur dapat membuat nafsu makan meningkat, sehingga sobat akan cenderung makan lebih banyak ketika kurang tidur.


B. Tidur di Siang Hari

Menurut penelitian baru, tidur siang dapat membantu meningkatkan energi dan konsentrasi. Namun, tidur siang memiliki efek yang berbeda pada tubuh, tergantung dari lamanya tidur.

Tidur siang sepanjang hari menempatkan diri pada resiko terkena diabetes. Sedangkan menurut penelitian Livescience sleep specialists, Belanda, Tidur siang yang lebih dari satu jam sehari, jauh kebih mungkin untuk mengalami gangguan metabolisme serta peningkatan resiko gula darah tinggi dan diabetes. Sedangkan, tidur siang yang singkat sekitar 30 menit akan membuat kadar gula darah rendah.


C. Tidur di Sore Hari

Banyak orang yang sering tidur di sore hari, karena tidak tahan lelah karena telah beraktivitas seharian. Namun, sobat perlu tahu, Tidur sore dapat mengganggu kesehatan.

1. Meningkatnya kolestrol
Kadar kolestrol dapat meningkat tanpa sobat sadari. Saat tidur sore tubuh secara otomatis harus tidur disaat metabolisme tubuh dalam keadaan maksimal.

2. Menurunnya daya ingat
Tidur di sore hari akan mengakibatkan daya ingat turun sedikit demi sedikit. Mungkin sobat pernah merasakan saat tidur sore kemudian terbangun di malam hari, rata-rata sobat akan merasakan suasana berbeda dari biasanya kemudian merasakan hilang ingatan sementara mengenai waktu.

3. Tubuh akan terlihat lesu
Tidur di sore hari memiliki potensi penurunan daya tahan tubuh karena metabolisme dalam badan melewatkan waktu sore hari dimana perpindahan sore ke malam sangatlah penting. Otak secara otomatis akan memberikan intruksi kepada seluruh organ tubuh ketika menjelang malam hari. Jika tubuh tidak cepat tanggap dengan cepat maka kondisi badan akan terasa kurang fit. 


Demikian informasi seputar tiga waktu tidur yang mengundang banyak penyakit berbahaya. Semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi situs kami kembali sebagai referensi terpercaya berbagai tips dan solusi permasalahan kesehatan sobat dan keluarga. Salam sehat – Nutrielife.Com.

0 Response to "Tidur Pada Tiga Waktu Ini Mengundang Banyak Penyakit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah 2

Iklan Bawah Artikel