Simak yuk, Penyebab dan Gejala Depresi pada Remaja


Penyebab dan Gejala Depresi pada Remaja
Depresi Pada Remaja
Halo sobat nutrielife – Masa remaja adalah masa yang sangat menyenangkan dimana di masa itulah kita mulai mengetahui banyak hal, baik dunia sekitar maupun dunia luar. Namun, faktanya menjadi remaja tidak semudah yang terlihat. Suasana yang tidak nyaman atau pertengkaran dengan teman mungkin tampak sederhana bagi orang dewasa. Namun, berbeda jika kondisi tersebut dialami oleh remaja. Jika dibiarkan berlarut-larut, hal ini bisa memicu depresi pada remaja.
Remaja memang sering mengalami perubahan suasana hati atau mood. Itulah sebabnya, remaja yang terlihat murung atau sedih sering kali dianggap hal biasa. Padahal, bisa jadi itu gejala depresi pada remaja. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa berlanjut dan menyebabkan munculnya keinginan untuk menyakiti diri sendiri, bahkan bunuh diri.

Beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab depresi pada remaja

1. Faktor genetic
2. Perubahan hormone.
3. Faktor biologis, yang merupakan bahan kimia otak terganggu.
4. Memiliki rasa trauma yang tinggi.
5. Kebiasaan berfikir negatif.
6. Adanya masalah di bidang pendidikan.
7. Perceraian orang tua
8. Masalah cinta
9. Tekanan sosial

Gejala – gejala depresi pada remaja yang sering terjadi

1. Mudah menangis, tersinggung dan marah karena hal-hal kecil.
2. Kehilangan minat untuk melakukan kegiatan sehari-hari.
3. Mudah menyalahkan diri sendiri.
4. Lebih suka mengurung diri.
5. Sulit tidur dan insomnia.
6. Tidak nafsu makan atau makan berlebihan.
7. Mudah putus asa.

Depresi pada remaja lebih sulit untuk terdeteksi, karena remaja memang sering mengalami perubahan mood. Oleh karena itu, orang tua, keluarga, teman dan guru harus lebih peka terhadap perubahan perilaku remaja.

Peran orang tua untuk mengtasi depresi pada remaja


1. Pelajari tentang depresi
Dengan mengetahui informasi tentang depresi, orang tua jadi bisa lebih memahami apa yang sebenarnya dialami dan dirasakan oleh anak mereka. misalnya bagaimana harus menyikapinya dan bagaimana teknik berkomunikasi dengan penderita depresi.

2. Menjadi pendengar cerita anak
Menjadi pendengar yang baik merupakan salah satu langkah sederhana yang perlu dilakukan oleh orang tua. Ketika akan mendengarkan keluh kesah dan cerita anak, pilihlah tempat atau suasana yang nyaman.

3. Ajak anak untuk menerapkan hidup sehat
Berolahraga bisa membantu memperbaiki suasana hati. Oleh karena itu, untuk membantu remaja meringankan gejala depresi, ajaklah dia berolahraga secara rutin.

4. Batasi penggunaan gadget
Terkadang awal mulanya depresi bisa muncul dari gadget. Maka dari itu,  Ajaklah anak untuk lebih sering melakukan kegiatan yang positif dan bergaul dengan lingkungan yang baik.

5. Mengikuti pengobatan dan perawatan secara teratur
memastikan anak sobat mengikuti pengobatan dan perawatan dari dokter, termasuk memastikan anak sobat minum obat yang dianjurkan oleh dokter.

Cara Mencegah terjadinya Depresi pada Remaja

1. Jaga hubungan pertemanan
Hubungan pertemanan yang positif dapat membuat remaja percaya diri dan membantunya tetap terhubung dengan lingkungannya.

2. Tetap aktif. 
Kegiatan sekolah atau pekerjaan atau berolahraga dapat membuat sobat fokus pada hal-hal positif –sehingga menghindari sobat fokus pada hal-hal yang negatif.

3. Berfikir positif. 
Dengan berfikir positif, ramaja akan terhindar dari pikiran negatif yang akan membuatnya sedih atau kecewa.


Itulah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai penyebab dan gejala depresi pada remaja yang dapat nutrielife berikan. Percaya akan diri sendiri dan berkomunikasilah dengan baik terhadap orang-orang di sekitar. Kemudian hidup dengan pola sehat akan mengurangi resiko terjadinya depresi pada remaja.  Semoga bermanfaat dan Jangan lupa kunjungi kembali situs kami sebagai referensi terpercaya berbagai tips dan solusi permasalahan kesehatan sobat dan keluarga. Salam sehat – nutrielife.com.

0 Response to "Simak yuk, Penyebab dan Gejala Depresi pada Remaja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah 2

Iklan Bawah Artikel