Manfaat Dan Efek Samping Jeruk Nipis Untuk Perawatan Wajah


Manfaat Dan Efek Samping Jeruk Nipis Untuk Perawatan Wajah
Jeruk Nipis
Halo Sobat Nutrielife – Jeruk nipis yang sering digunakan sebagai bumbu dapur ternyata memiliki manfaat untuk merawat kulit wajah, yakni dapat menjadikan kulit wajah lebih mulus dan sehat. Namun, selain dari pada manfaatnya, ternyata tidak semua jenis kulit dapat menerima kandungan yang dimiliki oleh jeruk nipis ini.

Pada kesempatan ini, nutrielife akan membahas tuntas mengenai manfaat dan efek samping jeruk nipis untuk perawatan wajah. Oleh karena itu, sebelum sobat mencoba penggunaan jeruk nipis untuk kecantikan, terlebih dulu sebaiknya sobat membaca artikel ini dengan seksama.

A. Manfaat Jeruk Nipis Untuk Perawatan Wajah

Jeruk nipis mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti serat, karbohidrat, gula, folat, dan zat besi. Selain itu, buah yang rendah kalori ini juga mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B,  vitamin E, dan antioksidan. Maka tidak heran jika jeruk nipis di percaya untuk merawat kesehatan kulit. Berikut adalah beberapa manfaat jeruk nipis untuk perawatan wajah.

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Kulit kusam sering terjadi karena paparan sinar matahari yang mengakibatkan kulit terlihat gelap dan kusam. Salah satu manfaat jeruk nipis di bidang kecantikan adalah kandungan vitamin C yang dapat membuat kulit menjadi putih, halus, dan kencang. Vitamin C dapat membantu produksi kolagen pada kulit. Hasilnya, wajah akan terlihat cerah dan lebih muda.

2. Mengatasi Timbulnya Jerawat

Mempunyai kulit wajah yang berjerawat adalah masalah besar terutama bagi kaum wanita. Jeruk nipis bisa menjadi alternative pilihan sobat untuk mengatasi jerawat karena adanya kandungan anti bakteri dan astringen di dalamnya. Zat anti bakteri di dalam jeruk mampu mengusir bakteri-bakteri penyebab jerawat. Sedangkan astringen berperan penting dalam mengecilkan pori-pori wajah sehingga bakteri penyebab jerawat tidak mudah masuk. sobat juga dapat mencoba tips lain dari kami mengenai cara alami menghilangkan jerawat dengan cepat.

3. Menghambat Penuaan Dini

Ingin memiliki penampilan tetap awet muda menjadi harapan banyak orang. Bahkan untuk bisa tetap awet muda banyak orang menghabiskan banyak uang untuk memoles diri di salon kecantikan, hingga ke dokter. Padahal, cara mengatasi penuaan dini dengan bahan alami sangat mudah dan murah, salah satunya dengan jeruk nipis.

Jika ingin menggunakan bahan ini sebagai cara mengatasi penuaan dini, Sobat bisa menggunakan jeruk nipis ini sebagai masker. Sobat hanya diperkenankan melakukan masker jeruk nipis ini dua kali dalam seminggu, artinya tidak diajurkan tiap hari Karena di khawatirkan kulit terasa panas karena sifat asam yang dimiliki jeruk nipis.

4. Menghilangkan Panu

Panu tidak hanya menumbuh di punggung atau pundak saja terkadang, beberapa orang mengalami panuan di bagian wajah. Hal ini terjadi karena sering mencuci muka saat teriknya siang hari. Jamur yang tumbuh di bagian muka akan mengurangi rasa percaya diri sobat. Flavonoid adalah antioksidan yang terdapat di jeruk nipis. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh Anda dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel sehat. Dan juga asam sitrat yang menjadikan jeruk nipis sebagai anti-bakteri dan anti-jamur yang handal.

B. Efek Samping Jeruk Nipis Untuk Perawatan Wajah

Jeruk nipis diklaim memiliki banyak manfaat seperti mencerahkan kulit, mencegah jerawat, menghambat proses penuaan dini, dll. Pada dasarnya jeruk nipis tidak memiliki efek samping yang berbahaya karena memakai bahan yang alami. Namun, ada beberapa hal yang perlu sobat perhatikan sebelum menggunakan jeruk nipis :

1. Tidak Cocok Untuk Kulit Sensitive

Efek samping untuk penggunaan jeruk nipis pertama kali ataupun terlalu sering adalah tidak cocok untuk jenis kulit sensitif karena akan memperburuk keadaan kulit sobat. Kulit sensitif memiliki tekstur kulit yang tipis dan sangat mudah teriritasi.

Melakukan perawatan untuk jenis kulit ini sebaiknya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang lebih aman untuk kulit dan tidak memiliki efek samping, tapi sebaiknya hindari penggunaan jeruk nipis.

2. Timbul Rasa Nyeri

Nyeri bisa timbul karena rasa sakit disekitar kulit yang dioleskan jeruk nipis. Nyeri yang muncul bisa intensitas ringan atau berat terkandung dari reaksi ketidakcocokan pada kulit. Jika sudah timbul rasa nyeri memang ada baiknya segera bilas wajah sobat hingga bersih dari jeruk nipis tersebut. Setelah itu tidak perlu digunakan lagi karena bisa saja efek samping tersebut berulang kembali.

3. Wajah Terasa Kering

Wajah yang terasa kering mengindikasi bahwa kulit mengalami dehidrasi akibat berkurangnya air dan kelenjar minyak pada lapisan kulit bawah yang disebabkan karena tingginya kandungan asam yang terdapat di jeruk nipis. Untuk mengatasi hal ini baiknya selalu mengoleskan pelembap pada wajah yang khusus untuk mengatasi kulit kering. Selain itu jangan lupa untuk minum air putih yang cukup.

4. Kulit Mengelupas

Kulit mengelupas bisa terjadi karena pemakaian yang dilakukan seacara paksa dengan jeruk nipis. Awal mulanya, kulit terasa kering namun pemakain jeruk nipis tetap dijalankan dan tidak dihentikan. Akibatnya kulit yang kering menjadi mengelupas.


Demikian informasi tentang manfaat dan efek samping jeruk nipis untuk perawatan wajah yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi kembali situs kami sebagai referensi terpercaya berbagai tips dan solusi permasalahan kesehatan sobat dan keluarga. Salam Sehat – nutrielife.com.

0 Response to "Manfaat Dan Efek Samping Jeruk Nipis Untuk Perawatan Wajah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah 2

Iklan Bawah Artikel