Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Kecantikan


Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Kecantikan

Salam sobat Nutrielife – Ternyata, memiliki wajah cantik tidak hanya dipengaruhi oleh kosmetik yang mahal. Ketepatan dan kenyamanan tidur sangat mempengaruhi wajah cantik juga loh sobat. Tanpa sobat sadari, kebiasaan kurang tidur akan membuat wajah sobat berubah secara perlahan. Perubahan yang seperti apa saja? Yuk kita simak dampak buruk kurang tidur bagi kecantikan berikut ini.


1. Penuaan wajah yang sangat terlihat

Seorang peneliti mengatakan bahwa “seseorang yang memiliki kebiasaan insomnia dan tidak mempunyai waktu yang cukup untuk tidur di malam hari akan terlihat 10 tahun lebih tua dari usia aslinya”. Kurang tidur mengurangi produksi kolagen di kulit, kolagen tidak dapat dibentuk dalam jumlah yang normal sehingga menyebabkan tanda-tanda penuaan dini seperti, munculnya garis-garis halus dan kerutan.


2. Kulit menjadi kusam

Kurang tidur menyebabkan peningkatan kadar kortisol. Kortisol adalah hormon yang memicu peradangan di kulit Serta mengakibatkan sistem kekebalan tubuh melemah yang mempengaruhi produksi kolagen semakin sedikit. Oleh karena itu, kulit menjadi kusam.


3. Kantung mata dan Mata panda

Area di bawah mata sangatlah sensitif. Ketika mengalami kurang tidur atau kelelahan, maka secara alami pembuluh darah akan semakin melebar dan menghitam sehingga menimbulkan kantung mata dan lingkaran hitam seperti mata panda.


4. Timbulnya Jerawat

Kurang tidur menyebabkan lemahnya kekebalan tubuh dan meningkatnya peradangan kulit. Sehingga, kulit menjadi rentan terhadap bakteri penyebab jerawat. Selain itu, hormon kortisol akan menyebabkan meningkatnya produksi minyak di wajah yang akan memperburuk keadaan jerawat yang sedang tumbuh.


5. Kulit menjadi kering serta kemerahan

Saat tidur, tubuh akan meremajakan dirinya sendiri serta meningkatkan hidrasi. Tidur yang cukup akan melembabkan tubuh dan membuatnya tetap terhidrasi. Sebaliknya, kurang tidur akan menyebabkan kesehatan kulit tidak seimbang dan menjadi kering akibat dehidrasi. Selain itu, pH dalam kulit akan berkurang dan menjadikan kemerahan pada kulit. Tidurlah selama 8 jam agar kebutuhan kulit tercukupi.


6. Menghilangkan nutrisi otak, tubuh, dan kulit

Ketika tidur, tubuh memiliki kesempatan untuk menutrisi makanan untuk otak, tubuh dan kulit. Istirahat malam yang baik akan mengangkat sel darah dan sel otak yang telah mati. Bahkan dapat membersihkan jalur untuk sinapsis baru sehingga dapat menggantikan yang lama. Tidak hanya itu, saat tidur otak akan melepaskan racun dari tubuh lebih dari 60% yang menjadikan tubuh lebih segar saat terbangun di esok harinya.

Setelah memahami dampak buruk kurang tidur bagi kecantikan di atas, ternyata tidur sangat penting untuk memulihkan tubuh serta kecantikan juga ya sobat. Sobat juga perlu tahu, kebutuhan tidur tiap orang bisa dilihat dari usianya ya sobat.  

  • Untuk bayi usia 0 hingga 3 bulan, diperlukan tidur selama 14 hingga 17 jam.
  • Untuk bayi usia 4 hingga 11 bulan, diperlukan tidur selama 12 hingga 15 jam.
  • Untuk bayi di bawah 3 tahun hingga 2 tahun, diperlukan tidur selama 11 hingga 14 jam.
  • Untuk usia 3 hingga 5 tahun, diperlukan tidur selama 10 hingga 13 jam.
  • Untuk usia 6 hingga 13 tahun, diperlukan tidur selama 9 hingga 11 jam.
  • Untuk usia 14 hingga 17 tahun, diperlukan tidur selama 8 hingga 10 jam.
  • Untuk usia 18 hingga 25 tahun, diperlukan tidur selama 7 hingga 9 jam.
  • Untuk usia 26 hingga 64 tahun, diperlukan tidur selama 7 hingga 9 jam.
  • Untuk usia 65 ke atas, diperlukan tidur selama 7 hingga 8 jam.

Demikian informasi tentang dampak buruk kurang tidur bagi kecantikan, Ternyata istilah tidur cantik itu memang benar adanya yak sobat “Tidur yang baik dapat membuat keajaiban bagi kecantikan”. semoga bermanfaat ya sobat. Jangan lupa kunjungi kembali situs kami sebagai referensi terpercaya berbagai tips dan solusi permasalahan kesehatan sobat dan keluarga. Salam sehat - Nutrielife.com.

0 Response to "Dampak Buruk Kurang Tidur Bagi Kecantikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah 2

Iklan Bawah Artikel