Nutrisi Dan Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

Nutrisi Dan Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan
Bawang Bombay Yang Kaya Manfaat

Salam sehat sobat nutrielife – bawang bombay merupakan rempah-rempah yang beraroma sedap, terutama ketika ditumis. Bawang Bombay juga memiliki cita rasa khas yang lezat. Karena kelezatannya, bahkan selain digunakan sebagai bumbu aneka masakan, bawang Bombay juga enak untuk dijadikan makanan ringan, seperti onion ring. Namun tahu kah sobat, dibalik kelezatannya sebagai rempah dapur, bawang bombai memiliki nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Pada tulisan kali ini, nutrielife akan membahas tentang nutrisi dan manfaat bawang Bombay untuk kesehatan. Mari kita simak bersama ya sobat.


Kandungan Nutrisi Bawang Bombay

Bawang bombay merupakan makanan yang mengandung rendah kalori dan kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan juga serat. Dalam 100 gram bawang bombay, terkandung kurang lebih 40 kalori, 1,7 gram serat, 4,2 gram gula, 1,1 gram protein, dan 9,3 gram karbohidrat. Selain itu, bawang bombay juga mengandung vitamin B6, vitamin C, folat, dan kalium. Kandungan lemak jenuh dalam bawang Bombay sangat sedikit dan sama sekali tidak mengandung lemak trans, sehingga bawang Bombay sangat baik untuk dikonsumsi oleh sobat sekalian. Bahkan, bawang Bombay kerap juga digunakan dalam pengobatan tradisional beriringan dengan penggunaan bawang putih.


Berbagai Manfaat Bawang Bombay Bagi Kesehatan

Bawang Bombay kaya akan manfaat bagi kesehatan, seperti dapat menurunkan risiko kanker lambung, kanker usus besar, kanker prostat, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kepadatan tulang. Selain itu, berdasarkan penelitian, bawang bombai terbukti memiliki beberapa manfaat sebagai berikut.
  1. Bawang Bombay sangat efektif untuk menghilangkan bekas luka. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan gel yang mengandung ekstrak bawang bombay mampu memperbaiki tampilan bekas luka setelah operasi.
  2. Kadar gula darah penderita diabetes dapat turun dengan mengonsumsi 100 gram bawang bombay setiap hari.
  3. Ekstrak dan minyak esensial bawang bombay dipercaya dapat menekan pertumbuhan bakteri.
  4. Menurut penelitian, konsumsi bawang bombay diduga dapat meningkatkan kepadatan tulang.
  5. Mengonsumsi bawang bombay juga diklaim dapat menurunkan risiko terhadap beberapa jenis kanker, seperti kanker lambung, usus besar, dan prostat. Hal ini adalah karena antioksidan pada bawang bombay berperan sebagai antiradang dan mampu menurunkan risiko kanker tertentu.

  
Dosis Penggunaan Bawang Bombay

Untuk mendapatkan manfaat bawang bombay, ada banyak cara untuk mengolahnya sebelum dikonsumsi. Bawang bombay dapat dipanggang, direbus, digoreng, ditumis, atau dimakan mentah dalam campuran salad. Namun perlu diingat, terlalu banyak mengonsumsi bawang bombay dapat menyebabkan perut kembung atau bahkan diare. Jika timbul gejala atau gangguan akibat terlalu banyak mengonsumsi bawang bombay, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Pada dasarnya, bawang bombai merupakan bahan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Untuk memperoleh berbagai manfaat dari bawang bombai, sobat dapat sering-sering mengkonsumsinya. Namun, kami menyarankan agar beberapa kelompok berikut ini supaya tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.
  1. Wanita hamil dan menyusui, karena tidak ada bukti penelitian yang cukup tentang efek konsumsi bawang bombay dalam jumlah banyak.
  2. Pada penderita gangguan pembekuan darah dan pasien yang akan menjalani operasi, karena bawang bombay dapat memperlambat proses pembekuan darah. Hentikan konsumsi bawang bombay sebagai obat-obatan dua minggu sebelum menjalani operasi.
  3. Khusus bagi penderita diabetes, bawang bombay dapat menurunkan kadar gula. Pengidap diabetes yang mengonsumsi obat diabetes dan ingin menggunakan  bawang bombay sebagai pengobatan alternatif sebaiknya memeriksa kadar gulanya secara saksama.
  4. Pada orang yang alergi terhadap bawang bombay, konsumsi aspirin dapat meningkatkan sensitivitasnya terhadap bahan ini.


Demikian ulasan mengenai nutrisi dan beberapa manfaat bawang bombai bagi kesehatan. Dengan mengetahui manfaatnya, semoga sobat semakin menyukai bawang bombai baik sebagai rempah dapur maupun sebagai cemilan ringan. Selamat mencoba. Salam sehat – nutrielife.com.

0 Response to "Nutrisi Dan Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah 2

Iklan Bawah Artikel