7 Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Lambung (Maag)

Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Lambung (Maag)
Penyakit Asam Lambung Yang Menyiksa
Salam sehat sobat nutrielife – Penyakit asam lambung atau biasa juga disebut penyakit maag, merupakan penyakit yang menyebabkan penderitanya menjadi sensitive terhadap makanan yang dikonsumsinya setiap hari. Penderita maag harus memilih makanan sehat dan menghindari beberapa jenis makanan tertentu untuk mencegah terjadinya peningkatan produksi asam lambung yang dapat menimbulkan perih, nyeri dan mual yang sangat menyiksa lambung. Pada kesempatan kali ini, nutrielife ingin memberikan rekomendasi makanan sehat untuk penderita asam lambung (Maag) kepada sobat sekalian untuk menjaga kesehatan lambung, khususnya untuk penderita mag.

Sebelum kita masuk ke topik makanan sehat untuk penderita asam lambung, nutrielife perlu mengingatkan kepada sobat, bahwa penderita mag memiliki tiga musuh bebuyutan, yakni dingin, pedas, dan asam. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan lambung sobat khususnya dalam masa pengobatan, sebaiknya sobat tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang berasa dingin, pedas maupun asam. Beberapa contoh makanan dan minuman yang harus dihindari adalah es dan minuman dingin, sambal yang terlalu pedas, buah-buahan mentah/muda, buah-buahan asam, dan makanan instan seperti mie instan. Bila sobat berminat untuk mengetahui  bahaya mie instan dan cara mengolahnya yang sehat, sobat dapat membacanya disini.

Selain dari pada tiga musuh bebuyutan diatas, contoh lain dari pada makanan yang dapat menjadi pemicu naiknya asam lambung beberapa diantaranya adalah cokelat, kopi, makanan berlemak tinggi, bawang bombay, dan bawang putih. Bila sobat terpaksa harus mengkonsumsinya salah satu dari makanan yang tidak dianjurkan diatas karena ngidam atau tidak ada menu lain, makanlah sedikit saja dan janganlah mengkonsumsinya dalam porsi yang berlebihan.


Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Lambung

Penyakit mag merupakan penyakit dengan gejala yang sangat menyiksa, terlebih lagi bila sudah masuk fase kronis. Selain perlu ditangani oleh ahlinya, penderita juga harus menjaga pola makan untuk membantu proses penyembuhan. Selain dengan menghindari beberapa jenis makanan dan minuman yang telah disebutkan diatas, sobat juga dapat mencoba beberapa menu yang kami rekomendasikan untuk membantu dalam proses penyembuhan penyakit maag. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang cocok dikonsumsi penderita asam lambung, untuk mencegah dan mengatasi gejala akibat penyakit tersebut.

1. Buah Ber-pH Tinggi
Salah satu makanan yang dapat memicu peningkatan asam lambung ialah asam. Dalam ukuran kimiawi, asam dinyatakan dengan angka pH rendah. Oleh karena itu, penderita mag tidak dianjurkan mengkonsumsi buah-buahan masam. Sebagai gantinya, sobat dapat mengkonsumsi buah dengan pH yang lebih tinggi, seperti pisang. Kandungan pH buah pisang yaitu sekitar 5,6 menjadikannya salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Selain itu, buah-buahan lainnya yang baik juga untuk dikonsumsi diantaranya adalah pir, apel, melon dan buah yang secara umum tidak berasa masam.

2. Jahe
Selain dikenal karena khasiatnya untuk memberikan rasa hangat dalam tubuh dan sebagai rempah yang banyak digunakan dalam bumbu masakan, jahe juga dapat mengurangi risiko naiknya asam lambung. Hal ini dikarenakan kandungan antiradang yang ada di dalam jahe terbukti mampu mengatasi masalah pencernaan, dan dapat menjadi pengobatan alami penyakit asam lambung atau maag. Bagi sobat yang menderita maag, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi wedang jahe atau jahe susu secara teratur untuk membantu mempercepat penyembuhan.

3. Sayuran Hijau
Sayur-sayuran berwarna hijau memiliki kandungan yang dapat menurunkan asam lambung, serta menyehatkan sistem pencernaan. Inilah sebabnya sayur-sayuran tersebut merupakan makanan yang baik untuk penderita asam lambung. Beberapa contoh sayuran hijau yang baik dikonsumsi penderita asam lambung yaitu brokoli, kembang kol, kentang, selada, timun, buncis, dan asparagus.

4. Oatmeal
Penderita penyakit asam lambung memerlukan makanan yang kaya akan serat untuk mengatasi gejala penyakit asam lambung. Hal ini karena serat yang terkandung di dalam makanan dapat menyerap asam lambung, sehingga meredakan gejala refluks asam lambung. Oatmeal merupakan makanan yang kaya akan serat dan juga bisa membantu sobat agar kenyang lebih lama, sehingga oatmeal sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

5. Daging Rendah Lemak
Mengonsumsi makanan yang berlemak dan berminyak tidak disarankan untuk penderita asam lambung. Jika sobat ingin mengonsumsi daging atau ikan, disarankan untuk memilih daging yang rendah lemak dan tanpa kulit, kemudian hindarilah memasaknya dengan cara digoreng. Olahlah daging dan ikan dengan cara dipanggang, direbus, dikukus atau dibakar.

6. Roti Gandum
Roti yang terbuat dari gandum atau mengandung ragam biji-bijian lain merupakan menu yang baik untuk penderita asam lambung karena mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk kesehatan lambung.

7. Lidah buaya
Lidah buaya dikenal sebagai penyembuh alami, serta dipercaya dapat mengobati penyakit asam lambung. Selain dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman, lidah buaya juga dapat digunakan sebagai pengental untuk mengolah masakan. 


Nah, itulah beberapa pilihan menu sehat untuk penderita asam lambung atau maag yang dapat membantu proses penyembuhan dan dapat mencegah terjadinya gejala maag. Namun, selain dengan mengonsumsi makanan yang sehat, sobat juga perlu menghindari kebiasaan yang dapat memicu naiknya asam lambung, seperti merokok, mengonsumsi alkohol dan tidur setelah makan. Bila sobat merupakan perokok aktif yang memiliki keinginan atau niat untuk berhenti, sobat bisa mencoba membaca 5 cara berhenti merokok yang kami rekomendasikan. Selamat mencoba dan semoga cepat sembuh. Salam sehat – nutrielife.com.

0 Response to "7 Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Lambung (Maag)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah 2

Iklan Bawah Artikel