Cara Paling Efektif Menghilangkan Stretch Mark


Salam sehat sobat nutrielife – stretch mark adalan garis-garis atau guratan yang muncul pada bagian tubuh tertentu, seperti perut, dada, pinggul, bokong dan paha. Stretch mark bukanlah suatu hal yang berbahaya bagi kesehatan, namun, bagi sobat yang sangat menjaga penampilan, stretch mark akan sangat mengganggu kecantikan sobat. Tidak banyak yang tahu mengenai cara menghilangkan stretch mark, oleh karena itu, nutrielife ingin membahas masalah ini, yaitu tentang cara paling efektif menghilangkan stretch mark.

Cara Paling Efektif Menghilangkan Stretch Mark
Stretch Mark Yang Mengganggu Penampilan
Untuk mengetahui cara menghilangkan stretch mark, terlebih dahulu sobat perlu memahami apa penyebab terbentuknya stretch mark. Nah, pada dasarnya, stretch mark muncul akibat terjadinya peregangan kulit pada sobat yang mengalami penurunan maupun peningkatan berat badan secara cepat. Misalnya saja, bila sobat adalah orang yang memiliki berat badan berlebih, kemudian suatu ketika mengalami stress berat, atau sakit berkepanjangan, atau hal lain yang bisa menyebabkan sobat menjadi kurus dalam waktu singkat, maka biasanya hampir dipastikan akan timbul stretch mark pada beberapa anggota tubuh sobat. Munculnya stretch mark juga dapat terjadi pada ibu hamil dan ibu menyusui.

Timbulnya stretch mark dapat terjadi baik pada laki-laki maupun wanita. Namun, berdasarkan asal terbentuknya yang telah dijelaskan diatas, wanita lebih banyak mengalami stretch mark dibanding dengan laki-laki. Dilain sisi, mayoritas wanita juga lebih memperhatikan penampilan dan kecantikan mereka dibandingkan dengan laki-laki. Oleh karenanya, mengetahui cara yang efektif untuk menghilangkan garis-garis atau guratan pada tubuh tersebut menjadi tips yang penting untuk diketahui oleh sobat nutrielife. Berikut adalah beberapa pilihan yang paling efektif untuk menghilangkan stretch mark.


Menggunakan Obat Topikal

Bagi sobat nutrielife yang belum tahu, obat topical adalah obat oles. Obat tersebut bisa sobat dapatkan dengan mudah di apotek, supermarket, toko obat dan juga pada tempat perawatan kecantikan. Beberapa jenis obat oles untuk mengatasi stretch mark yang menurut para dokter dinilai efektif dalam membantu menghilangkan guratan-guratan akibat stretch mark adalah sebagai berikut.

1. Krim Retinoid
Krim retinoid merupakan produk turunan vitamin A. Contoh krim retinoid adalah berbagai merek obat oles yang mengandung zat tretinoin. Penggunaan krim ini paling efektif dilakukan pada stretch mark yang baru terbentuk. Dengan mengoleskan krim retinoid, garis-garis atau guratan yang belum lama terbentuk dapat dihilangkan hingga 100%, sehingga kulit sobat dapat mulus kembali seperti sebelumnya.

Krim retinoid dapat membantu meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga kulit tetap kencang dan tidak kusam. Akan tetapi, sobat perlu perhatikan bahwa wanita yang sedang mengandung atau menyusui tidak dianjurkan menggunakan produk ini, karena dapat menyebabkan kecacatan pada bayi.

2. Krim Asam Hialuronat (HA)
Hampir sama dengan krim retinoid, kandungan asam hialuronat juga dapat merangsang peningkatan produksi kolagen pada kulit, sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan stretch mark. Hal yang perlu diperhatikan juga, penggunaan krim ini pada bumil dan busui sangat tidak dianjurkan.


Menggunakan Prosedur Khusus

Penggunaan obat topikal sangat efektif untuk menghilangkan stretch mark yang baru terbentuk dengan kisaran usia guratan kurang dari 1 bulan. Namun untuk stretch mark yang sudah lama, penggunaan krim oleh akan kurang efektif, dalam artian, efeknya tidak akan 100% menghilangkan guratan atau garis-garisnya. Tapi sobat tenang saja, masih ada solusi lainnya, yaitu dengan cara menjalani beberapa prosedur khusus yang bisa sobat pilih untuk menghilangkan stretch mark. Beberapa prosedur yang sering direkomendasikan oleh dokter kecantikan adalah sebagai berikut.

1. Mikrodermabrasi
Mikrodermabrasi adalah prosedur yang dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati atau eksfoliasi, sehingga akan memicu pertumbuhan lapisan kulit baru yang lebih elastis. Meski lebih sering digunakan untuk wajah, tapi prosedur ini juga efektif digunakan untuk menghilangkan stretch mark.

2. Terapi Laser
Terapi laser merupakan salah satu prosedur yang sangat terkenal untuk perawatan kulit, termasuk untuk menghilangkan stretch mark. Sinar laser akan merangsang produksi kolagen dan elastin di kulit. Terapi ini sangat efektif dalam meregenerasi sel-sel kulit dan memperbaiki struktur kulit sobat.

3. Microneedling
Microneedling dapat dilakukan menggunakan alat bantu berupa dermaroller. Prosedur ini menggunakan jarum-jarum berukuran sangat kecil, untuk membuat titik-titik luka yang sangat halus di permukaan kulit. Tujuannya adalah untuk memicu produksi kolagen dan elastin, guna memperbaiki tekstur kulit yang mengalami stretch mark.

Sebenarnya, penanganan secepatnya pada stretch mark lebih mudah dan lebih murah untuk dilakukan, karena hanya perlu menggunakan krim oles. Secara umum, penanganan stretch mark menggunakan prosedur khusus akan lebih menyita waktu sobat. Perlu sobat ingat pula, ketiga prosedur khusus yang kami sebutkan diatas adalah prosedur yang sudah teruji dan biasa direkomendasikan oleh para pakar kecantikan. Selain dari tiga prosedur tersebut, yaitu microneedling, mikrodermabrasi dan terapi laser, mungkin masih banyak beragam prosedur atau metoda lain yang menjanjikan hasil optimal untuk menghilangkan stretch mark. Namun sobat perlu berhati-hati, karena tidak semuanya terbukti efektif dan aman. Konsultasikanlah lebih lanjut kepada dokter kulit mengenai cara untuk menghilangkan stretch mark yang efektif dan sesuai dengan kondisi kulit sobat.

Demikian pembahasan yang dapat nutrielife berikan kepada sobat sekalian mengenai cara paling efektif menghilangkan stretch mark. Selamat mencoba dan semoga sobat dapat terbebas dari gangguan stretch mark, sehingga sobat tetap memancarkan kecantikan dan ketampanan yang natural. Jangan lupa hidup sehat – nutrielife.com.

0 Response to "Cara Paling Efektif Menghilangkan Stretch Mark"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah 2

Iklan Bawah Artikel