8 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Salam sehat sobat nutrielife. Jerawat merupakan gejala umum yang terjadi pada banyak orang, khususnya pada masa pubertas. Jerawat tidak hanya timbul di wajah, namun ada juga yang timbul pada leher, bahu, dada dan punggung. Karena di area tubuh bagian itulah terdapat paling banyak kelenjar minyak. Jerawat memang dapat mengganggu, seperti menimbulkan rasa sakit. Bahkan, bila jerawat terlalu banyak, bisa membuat kita kurang percaya diri berjumpa dengan teman-teman kita. Pada pembahasan kali ini, nutrielife akan membahas mengenai 8 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami. Namun sebelumnya, sobat perlu mengetahui penyebabnya terlebih dulu.


8 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Penyebab Jerawat

Penyebab timbulnya jerawat pada dasarnya diakibatkan oleh bercampurnya sel kulit mati dengan minyak yang menyumbat pori-pori kulit. Di dalam campuran minyak dan sel kulit mati itu, bakteri dapat tumbuh, sehingga menimbulkan gejala pembengkakan, kemerahan, hingga muncul nanah pada jaringan kulit tempat bakteri tumbuh tersebut. Ada lima factor penyebab jerawat, yaitu sebagai berikut.

1. Produksi sebum yang berlebih, kelenjar minyak kita memproduksi sebum yang berfungsi menjaga kelembaban kulit atau mencegah kulit kering. Bila produksi sebum berlebih, sebum dapat bercampur dengan sel kulit mati dan dapat menjadi media bakteri berkembang.

2. Sumbatan pada folikel rambut, folikel yang tersumbat akan menimbulkan komedo putih. Bila terpapar cahaya dan polusi udara, bisa menjadi komedo hitam. Penyumbatan folikel diakibatkan campuran sebum dan sel kulit mati. Bila folikel rambut tersumbat, ia akan membengkak dan menimbulkan jerawat.

3. Tumbuhnya bakteri, penyebab pembengkakan pada folikel yang tersumbat adalah bakteri. Bahkan bila dibiarkan, dapat muncul nanah. Bakteri penyebab jerawat adalah Propionibacterium Acnes.

4. Aktifitas hormone, produksi hormone androgen dapat menimbulkan jerawat. Selain itu, Hormone testosterone juga umumnya menjadi gejala pubertas dan diproduksi berlebih pada masa pubertas. Hormone testosterone inilah yang menjadi pemicu produksi sebum berlebih.

5. Faktor resiko jerawat, yaitu factor-faktor yang dapat meningkatkan resiko timbulnya jerawat. Seperti perubahan hormone pada wanita pada saat menjelang menstruasi, masa pubertas, factor keturunan, stress, pengunaan kosmetik yang tidak cocok dan juga merokok.


8 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

1. Bersihkan Area Berjerawat
Cucilah area yang terkena jerawat dengan pembersih sabun yang lembut dan air hangat. Lakukan dengan rutin setiap hari untuk menjaga kebersihan kulit dan mencegah pertumbuhan bakteri. Pada area wajah, bersihkanlah dua kali sehari dan hindarilah penggunaan produk seperti scrub wajah, astringents, dan masker, karena dapat menyebabkan iritasi dan malah memperburuk jerawat sobat.

2. Kompress Jerawat Dengan Es
Ketika tumbuh jerawat yang besar dan meradang, sobat dapat mengatasinya dengan menempelkan es batu pada jerawat. Efek cooling dari es batu dapat meminimalisir peradangan, sehingga akan efektif untuk mengempiskan jerawat dengan cepat. Bungkuslah es dengan kain untuk melakukan cara ini, kemudian tempelkan.

3. Gunakanlah Tea Tree Oil
Minyak pohon teh terkenal dapat mengatasi bakteri penyebab jerawat dan mengatasi iritasi atau peradangan jerawat. Gunakanlah produk-produk yang mengandung tea tree oil untuk perawatan kulit wajah, baik dalam bentuk masker, lotion maupun face wash.

4. Gunakan Pelembab Yang Mengandung Ekstrak Lidah Buaya atau Teh Hijau
Lidah buaya dan ekstrak teh hijau sangat efektif dalam mengatasi jerawat. Gel yang mengandung 2% ekstrak the hijau atau 50% ekstrak lidah buaya (aloe vera) dan dikombinasikan dengan obat jerawat seperti tretinoin, dapat mengobati jerawat dengan baik.

5. Gunakan lemon dan madu sebagai masker wajah
Kandungan asam dalam lemon dapat mengatasi minyak berlebih dan juga kemerahan pada wajah. Selain itu, zat sitrus dalam lemon juga bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain lemon, madu juga dapat mengatasi masalah peradangan, luka dan efektif membunuh bakteri. Sobat bisa mencoba masker dengan mencampurkan perasan air lemon dan madu, lalu mengoleskannya pada wajah sobat sebagai langkah perawatan yang efektif dan alami.

6. Gunakan masker putih telur
Putih telur mengandung vitamin dan protein yang berkhasiat untuk mengencangkan dan mengontrol minyak pada kulit. Putih telur juga dapat mengangkat sel kulit mati, mengatasi penyumbatan pori-pori dan meredakan peradangan. Oleskanlah putih telur ke wajah sobat dan diamkan sekitar 10 menit (hingga mongering), lalu bilas dengan air.

7. Menggunakan Irisan Mentimun
Sobat juga dapat mencoba menggunakan irisan tipis mentimun dan menempelkannya pada area yang berjerawat untuk mengurangi pembengkakan, peradangan dan warna merah akibat jerawat.

8. Pola hidup dan pola makan sehat
Jerawat dapat kita cegah dengan beristirahat dengan cukup, menjaga nutrisi makanan sehat, menghindari stress dan meminimalisir kontaminasi polusi udara. Selain itu, hindari juga mengonsumsi makanan olahan seperti junk food, produk susu dan produk berlemak tinggi.


Demikian tips kesehatan yang dapat nutrielife bagikan kepada sobat semua mengenai 8 Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami. Semoga dapat menjadi solusi untuk sobat semua yang sedang mengalami masalah jerawat. Kunjungi kembali situs nutrielife.com sebagai sumber referensi terpercaya berbagai permasalahan kesehatan sobat dan keluarga. Salam sehat - nutrielife.com.

0 Response to "8 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah 2

Iklan Bawah Artikel