7 Manfaat Menari Bagi Kesehatan


Manfaat Menari Bagi Kesehatan

Halo sobat nutrielife -  Menari adalah ungkapan perasaan atau ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan melalui gerak yang ritmis dan indah. Menggerakkan tubuh mengikuti irama adalah cara kerja menari. Menari bisa dilakukan di berbagai macam situasi seperti, saat sedang melakukan upacara adat, acara festival disekolah, saat menonton konser dan lain-lain.       

Banyak orang yang menyukai menari, sebagian orangpun menjadikan menari sebagai aktivitas olahraga. Namun, tidak semua orang mengetahui manfaat menari bagi kesehatan. Berikut 7 manfaat menari bagi kesehatan yang nutrielife rangkum.

1. Menurunkan tingkat kecemasan

Dalam sebuah penelitian, orang yang memiliki gangguan kecemasan, diberikan kesempatan untuk menghabiskan waktu di 4 tempat. Keempat tempat itu adalah kelas tari modern, kelas olahraga, kelas music, dan kelas matematika. Setelah diperoleh, hasil membuktikan ternyata hanya yang mengikuti kelas tari modern yang mengalami penurunan tingkat kecemasan paling signifikan. Faktanya, menari dapat menurunkan tingkat kecemasan dibandingkan dengan aktivitas fisik lainnya.


2. Menurunkan tingkat depresi

Menari, sebagai latihan meningkatkan kesehatan fisik dan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan mental. Menari dapat melepaskan peningkatan pasokan oksigen ke otak dan neurokimia mengurangi stress. Itulah sebabnya, banyak orang lebih suka memanjakan diri dengan terapi dansa kecil di iringi irama yang menyenangkan untuk mengusir kejenuhan yang dapat menimbulkan depresi.


3. Menurunkan stress

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Gerontology menyatakan bahwa menari dan musik dapat membantu dalam upaya menghilangkan stress. Endorphin dilepaskan ketika tubuh menari. Endorphin dan adrenalin bekerja sama untuk memberikan perasaan puas.


4. Meningkatkan daya ingat

“Menari dapat meningkatkan daya ingat dan mencegah demensia ketika seseorang menambah tua” ujar peneliti yang dilansir oleh The New England Journal of Medicine.

Seperti saat melakukan tarian adat, dance yang dipandu oleh seseorang atau Beberapa tarian yang memang membutuhkan daya ingat yang kuat untuk tampil di depan orang banyak. Secara tidak sadar, Otak dipaksa untuk mengingat semua gerakan sehingga otak mudah mengingat karena sudah terbiasa. Hal itu dapat mengubah volume di hippocampus (bagian otak yang mengontrol memori). Seiring bertambahnya usia, hippocampus secara alami mengalami penyusutan sehingga menyebabkan gangguan memori.


5. Menurunkan berat badan

Untuk sobat yang bosan dengan cara berolahraga yang keras untuk mengurangi berat badan, maka menari adalah solusinya. Selain bagus untuk mengurangi berat badan sobat tidak akan merasa jenuh dan bosan. Hal itu sangat efektif dalam membakar kalori serta melatih otot. Mengikuti kelas tari selama 30 menit akan membakar sekira 130 – 250 kalori.


6. Mempermudah metode berpikir untuk Problem Solving

Menari bisa membantu kemampuan problem solving. Ketika seseorang terlibat dalam sebuah tarian yang terimprovisasi (gaya bebas), maka ini bisa membantu mereka berpikir divergen (kemampuan menemukan banyak solusi untuk sebuah permasalahan). Sedangkan, ketika seseorang terlibat dalam sebuah tarian yang terstruktur, ternyata ini membantu seseorang mengembangkan kemampuan berpikir konvergen (kemampuan untuk mendapatkan satu jawaban dalam sebuah masalah).


7. Menstabilkan fungsi saraf

Berdasarkan hasil penelitian, terapi yang menggunakan media tarian bisa menstabilkan sistem saraf simpatetik. Sistem saraf simpatetik merupakan bagian dari sistem saraf autonomic yang bekerja di luar kesadaran manusia. Rangkaian sistem saraf ini mempengaruhi kerja fight or flight response manusia. Fight or flight response adalah respons psikologis yang menentukan apakah seseorang akan lari atau menghadapi tantangan ketika berada di situasi yang mengancam.


Demikian seputar informasi mengenai 7 manfaat menari bagi kesehatan yang mungkin belum sobat ketahui. Ayo sobat semangat menari yaa. Semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi kembali situs kami sebagai referensi kesehatan bagi sobat dan keluarga. Salam sehat – nutrielife.com.

0 Response to "7 Manfaat Menari Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah 2

Iklan Bawah Artikel