3 Racun Utama Dalam Rokok Dan Dampaknya Bagi Kesehatan

Salam sehat sobat nutrielife. Apakah sobat tahu, di Indonesia, setiap harinya sekitar 2.000 orang meninggal dunia akibat berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan rokok sebagai sumbernya. Bahkan di setiap kemasan rokok, sengaja ditulis berbagai dampak yang dapat terjadi bagi kesehatan penggunanya, seperti kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin. Selain itu, sekarang mulai banyak kemasan rokok disertai gambar ilustasi mengerikan dari berbagai macam penyakit. Bahkan ada yang bertuliskan “Merokok Membunuhmu”. Hal itu merupakan bukti bahwa rokok merupakan produk yang berbahaya dan sangat patut untuk kita tinggalkan.

3 Racun Utama Dalam Rokok Dan Dampaknya Bagi Kesehatan
Rokok Mengandung Racun Berbahaya

Menurut dokter Muherman Harun, seorang pakar penyakit paru-paru, diperkirakan rokok akan memakan korban sebanyak 50% dari penggunanya. Artinya, kemungkinan para perokok terkena penyakit akibat merokok adalah tinggi, fifty-fifty, itu seperti bertaruh antara hidup dan mati. Kemungkinan itu tidak bisa diremehkan, sebab hingga kini, di seluruh dunia, tidak ada satu komoditas pun yang begitu berbahaya dengan angka kematian mencapai 50%.

Berbagai macam penyakit lain yang dapat ditimbukan akibat merokok adalah, asma, infeksi paru-paru, kanker mulut, kangker tenggorokan, kanker paru-paru, serangan jantung, stroke, demensia, disfungsi ereksi, dan lain sebagainya. Selain itu, berbagai macam potensi penyakit mengerikan tersebut bukan hanya berimbas bagi perokok, namun orang disekitarnya juga yang menghirup asap rokok. Oleh karena itu, dengan kemungkinan terjangkit penyakit mematikan 50% dan demi menjaga keluarga kita juga, sebaiknya sobat segera tinggalkan rokok dan beralih ke gaya hidup yang sehat, karena sehat adalah sumber kekuatan, baik untuk menghidupi keluarga maupun untuk bisa bahagia bersama keluarga.


Racun Utama Dalam Rokok

Rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia dan setidaknya 60 dari bahan kimia tersebut dapat menyebabkan kanker. Namun, ada tiga zat yang menjadi racun utama dan paling berbahaya dalam rokok, yaitu.

1. Nikotin
Nikotin merupakan penyebab utama orang bisa kecanduan merokok. Nikotin juga dapat menyebabkan gangguan pada otak, seperti stroke. Selain itu, nikotin dapat menyebabkan serangan jantung, dan merusak pembuluh darah perfier diujung tungkai.

2. Tar
Tar merupakan penyebab utama kanker. Berbagai macam kanker dapat menjangkit perokok, seperti kangker mulut, tenggorokan dan paru-paru. Tar akan mengendap dalam paru-paru perokok dan akan berdampak negative pada kinerja rambut halus yang melapisi paru-paru. Rambut halus tersebut berfungsi untuk mendorong kuman dan partikel yang tidak diperlukan agar keluar dari paru-paru.

3. Karbon Monoksida
Karbon monoksida yang masuk paru-paru dapat mengikat oksigen dalam hemoglobin dan menghalangi suplai oksigen ke seluruh tubuh, sehingga pengguna rokok dapat mengalami sesak napas (asma), serangan jantung atau serangan otak (stroke).

Selain tiga racun utama yang telah disebutkan, rokok mengandung zat berbahaya lain, seperti gas oksidan, benzene, arsenic (digunakan dalam pestisida), formalin (pengawet mayat), hydrogen cyanide (digunakan untuk senjata kimia) dan juga amoniak.


Gangguan Kesehatan Akibat Merokok

1. Gangguan Kardiovaskular
Perokok memiliki kemungkinan 2 hingga 4 kali lebih tinggi terkena penyakit jantung. Nikotin dapat mempercepat detak jantung, menaikkan tekanan darah, merusak pembuluh darah dalam jantung, dan meningkatkan kemungkinana penggumpalan darah yang akhirnya memicu serangan jantung.

2. Gangguan pada Otak
Merokok dapat meningkatkan kemungkinan terkena stroke sebesar 50%. Hal tersebut dapat merusak otak dan akhirnya menyebabkan kematian. Selain itu dapat juga meningkatkan terjadinya pembengkakan pembuluh darah yang sewaktu-waktu bisa pecah dan mengakibatkan pendarahan dalam otak.

3. Gangguan pada Mulut dan Tenggorokan
Merokok menyebabkan bau mulut dan gigi bernoda. Selain itu, merokok juga dapat menimbulkan penyakit gusi dan kerusakan indra perasa pada lidah. Dampak lebih parah adalah kanker lidah, bibir, dan tenggorokan.

4. Gangguan Paru-Paru
Sel-sel yang ada dalam paru paru dapat rusak akibat asupan bahan bahan racun dari rokok, kemudian berubah menjadi sel kanker. Selain kanker paru-paru, merokok juga dapat mengakibatkan penyakit bronchitis, pneumonia, dan emfisema.

5. Gangguan pada Lambung
Merokok dapat menyebabkan asam lambung bergerak menuju kerongkongan. Beberapa resiko penyakit akibat hal tersebut adalah ulkus atau tukak lambung dan kanker lambung.

6. Gangguan pada Tulang
Zat-zat yang terkandung di dalam rokok juga dapat menyebabkan kerapuhan pada tulang, sehingga perokok memiliki kemungkinan lebih besar terkena penyakit osteoporosis dan penyakit tulang lainnya akibat rapuh.

7. Gangguan pada Kulit
Merokok dapat menghambat asupan oksigen menuju kulit. Hal tersebut menyebabkan umumnya perokok akan terlihat cepat lebih tua dibandingkan yang tidak merokok karena penuaan kulit yang lebih cepat.

8. Gangguan Organ Reproduksi
Pada pria, merokok dapat menyebabkan impotensi, mengurangi produksi sperma, dan berpotensi terjadinya kanker testis.  Sementara pada wanita, merokok dapat merusak kesuburan Rahim dan akan meningkatkan resiko terkena kanker serviks.

9. Gangguan Psikologis
Umumnya perokok memiliki tingkat stress yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak merokok.  Meskipun para perokok merasakan bahwa merokok bisa menghilangkan stress, namun itu anggapan yang keliru. Sebenarnya mereka mudah stress dan ketika mengonsumsi nikotin, rasa candu yang terobati menjadikan mereka lebih tenang.

Demikian informasi kesehatan yang dapat nutrielife bagikan mengenai zat racun dalam rokok dan dampaknya bagi kesehatan. Untuk sobat yang peduli akan kesehatan diri sendiri dan keluarga, sebaiknya jangan pernah mencoba merokok, karena merokok tidak mempunyai manfaat apapun kecuali bagi mereka yang sudah kecanduan. Ingat ya sobat, ketergantungan terhadap rokok bukan berarti rokok memberi kita manfaat seperti menjadikan kita lebih fresh atau rileks.

Untuk sobat yang sudah terlanjur merokok, cobalah berpikir jangka panjang, seperti masa tua, kesehatan anak-anak dan keluarga disekitar kita. Carilah motivasi kuat dan bulatkan tekad untuk berhenti merokok. Nutrielife menyarankan untuk membaca juga 5 langkah ampuh untuk berhenti merokok. Mungkin saat ini sobat merasa baik-baik saja dengan kesehat sobat, tapi perlu sobat ingat, merokok berarti sobat menabung racun dalam tubuh sobat. Dan jika sobat beruntung akan kesehatan sobat dimasa muda, kemungkinan penyakit akibat rokok akan terus ada hingga masa tua, disaat kondisi tubuh kita melemah dan racun yang kita tabung kian menumpuk. Kunjungi kembali situs nutrielife.com sebagai sumber referensi terpercaya berbagai masalah kesehatan untuk anda dan keluarga. Salam sehat-nutrielife.com.

0 Response to "3 Racun Utama Dalam Rokok Dan Dampaknya Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah 2

Iklan Bawah Artikel